Manfaatkan Lahan Kosong, Pemdes Sembung Ajak Warga Tanam Pohon Berbuah

-Berita-112 Dilihat
banner 300250

banner 300250

Bojonegoro, harian merdeka post.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Sembung, Kecamatan Kapas, bersama jajaran Koramil Kapas dan Perhutani melaksanakan ‘Gerakan Penanaman Pohon Berbuah’ dilahan milik pemdes setempat, Minggu (15/3/2020).

Hal ini dilakukan dalam rangka pelestarian alam, sekaligus untuk meningkatkan gizi masyarakat. Tidak kurang dari 450 pohon produktif ditanam dalam aksi tersebut.

“Jenis pohon yang ditanam diantaranya jeruk keprok batu, jambu kristal, jeruk nipis, jambu citra, kelengkeng dan jeruk palemo,” kata Kepala Desa Sembung, Moh. Arif Wahyudi.

Dia berharap dengan adanya kegiatan tersebut, masyarakat lebih peduli terhadap pelestarian alam dengan memanfaatkan lahan kosong.

“Ini juga upaya kami dalam peningkatkan gizi masyarakat sekaligus dapat menjadikan branding bagi Desa Sembung,” ungkapnya.

Sementara itu Danramil Kapas Kapten Inf Hari Warsono, menambahkan bahwa penanaman pohon produktif tersebut, disamping dapat menambah keasrian lingkungan, juga untuk peningkatan ketahanan pangan masyarakat.

“Selain itu juga sebagai upaya pemberdayaan masyarakat dalam membudidayakan dan memanfaatkan lahan kosong atau pekarangan rumah, untuk ditanami beraneka tanaman buah maupun sayuran,” ujarnya. (Jurnalis abq n team )

banner 300250