Mahasiswa KKN UNGRES Bersama UMKM Desa Sukorejo Buat Inovasi Krupuk Mangrove

banner 300250

Harianmerdekapost.com – Gresik,Jatim – Sukorejo adalah Desa yang berada di Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Di tengah kota Gresik yang merupakan Kota Industri multinasional, Desa Sukorejo bekerja sama dengan perusahaan BUMN menciptakan Edu-Ekowisata mangrove nan asri. Hal ini adalah hasil program pelestarian lingkungan Desa Sukorejo di sepanjang Kali Lamong Gresik.

 

Sumber alam mangrove yang cukup melimpah ini mencoba dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk mendongkrak UMKM dengan pembuatan Krupuk Mangrove, ide ini disampaikan oleh mahasiwa KKN Universitas Gresik tahun 2022. Mahasiswa KKN UNGRES mencoba berkolaborasi dengan salah satu UMKM di Desa Sukorejo untuk membuat inovasi baru terkait produk krupuk mangrove yang diharapkan bisa menjadi daya tarik ekonomi untuk meningkatkan kemajuan UMKM di Desa Sukorejo.

Menurut bu Sri salah satu UMKM Desa Sukorejo yang bekerja sama dengan Mahasiswa UNGRES krupuk mangrove ini adalah suatu inovasi varian rasa baru di bidang olahan pangan, pasalnya kebanyakan pengusaha Krupuk Desa Sukorejo kebanyakan memproduksi krupuk berbahan dasar ikan, udang dan kerang.

Setelah melewati masa uji coba ternyata rasa dari krupuk mangrove ini tidak kalah gurihnya dengan krupuk olahan ikan lainnya. Mangrove sendiri dipercaya sudah lama dikenal sebagai apotek Alam yang bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit seperti demam, keputihan, maag dan hypertensi. Penasaran bagaimana rasa dari olahan krupuk mangrove hasil dari kreasi UMKM dan mahasiswa KKN Ungres Tahun 2022 mari kita simak ulasan proses pembuatan krupuk mangrove oleh Bu Sri dan Mahasiswa KKN UNGRES tahun 2022. (tim/wwn)

banner 300250