Longsor Landa Perbukitan Di Wilayah Kecamatan Ketanggungan Brebes

banner 300250

Brebes, harianmerdekapost.com – Akibat Hujan desar selama lebih kurang tiga (3) jam tanpa henti, perbukitan “Malereng” yang berada di Wilayah Kecamatan Ketanggungan Brebes longsor.

Longsor terjadi di sekitar lereng bukit yang letaknya tepat berada di atas ruas jalan Desa Ciseureuh. Jalan tersebut merupakan jalan penghubung antar Kampung Budaya Jalawastu, Grogol dan Salagading. Sabtu, (21/03/2020).

Akibat dari longsor tersebut, akses jalan Desa Ciseureuh menuju kampung Budaya Jalawastu tertutup tanah longsoran.

Kepala Desa dan Babinsa Ciseureuh melakukan kerja bakti dengan menyingkirkan tanah longsor yang menutupi jalan dari perbukitan Malereng karena dampak dari hujan deras pada hari jumat (20/03) selama 3 jam tanpa henti.

Babinsa Ciseureuh Serka Dasro bersama dengan warga pun langsung menyingkirkan tanah yang menutupi jalan tersebut dan membuat tanggul guna mengantisipasi longsor susulan.

Kepala Desa Ciseureuh Darsono menyampaikan “Bahwa kondisi geografis desa kami berbukit dan kondisi tanah labil serta intensitas curah hujan yang tinggi dengan tensi yang cukup lama dan lebat, sehingga sangat rawan adanya tanah longsor, diharapkan masyarakat bila turun hujan dengan intensitas yang cukup deras agar selalu waspada” Tutur Kepala Desa.

Serka Dasro juga menghimbau kepada seluruh warga yang hadir dalam kerja bakti itu untuk selalu aktif dalam menyikapi situasi keadaan alam seperti musim penghujan saat ini, warga tidak usah sungkan-sungkan untuk segera dilaporkan apabila ada kejadian seperti longsor maupun lainnya. (Iman)

banner 300250