oleh

Latbakjatrat Terintegrasi TA 2021, Kapolres Lumajang Dapatkan Brevet Master Gunner Dari Danpussenarhanud

Harianmerdekapost.com Jatim, Lumajang – Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti Hananto Seno, SIK., M.Si menghadiri acara Latbakjatrat Terintegrasi TA 2021 yang diselenggarakan oleh Pussenarhanud Kodiklatad.

Acara digelar Lapangan tembak Air Weapon Range (AWR) Pandanwangi Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis (3/6/2021) dihadiri Dankodiklatad Letjen TNI A.M Putranto, Danpussenif Letjen TNI Arif Rahman, Pangdam V/Brawijaya . Mayjen TNI Suharyanto, 14 Perwira Tinggi TNI beserta rombongan.

Selain itu juga dihadiri unsur forkopimda Lumajang Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti Hananto Seno SIK., M.Si, Dandim 0821 Lumajang Letkol Inf Andi A. Wibowo, S.Sos,. M.I.Pol, dan Wakil Bupati Lumajang Ir.Indah.Amperawati, M.Si.

Latihan tersebut melibatkan 500 personel prajurit Arhanud dari seluruh satuan Arhanud yang berada di Indonesia dengan menggelar 39 jenis senjata Artileri Pertahanan udara mulai dari meriam 20 mm sampai dengan Rudal yang terdiri dari Rudal Starstreak dan Rudal Mistral.

Dalam kegiatan tersebut para undangan yang hadir melihat Pesawat Super Tucano dari Lanud Abd Saleh Malang yang disimulasikan sebagai Pesawat musuh dan selanjutnya dilaksanakan Sinkronisasi Radar dan TDAS oleh Pasukan Arhanud untuk Tracking Live Target.

Satbak Rudal Starstreak berhasil menembak tepat sasaran pesawat tanpa awak (drone) Banshee.

Dankodiklatad Letjen TNI A.M Putranto mengatakan, Arhanud memiliki radar dengan kemampuan sampai dengan jarak 250 km ini dari inisiasi atau pengadaan yang digagas oleh bapak KASAD.

“Dahulu radar kita hanya 40 KM, tapi sekarang dari Kepala Staf Angkatan Darat sangat luar biasa karena beli yang 250 Km untuk menjaga NKRI,” ujarnya.

Letjen TNI A.M Putranto menjelaskan, tujuan dari pelaksanaan Latbak Jatrat Terintegrasi untuk meningkatkan kemampuan prajurit dalam mengawaki Alutsista yang dimiliki satuan Arhanud dan serta melatih kesiapsiagaan dalam menghadapi ancaman musuh berupa serangan Pesawat udara musuh.

Paursubbaghumas Ipda Shinta menyampaiakan “Dalam kegiatan latihan penembakan tersebut juga dilaksanakan penembakan kehormatan oleh Dankodiklatad beserta tamu undangan VIP termasuk Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti.

“Setelah melakukan penembakan Kapolres Lumajang mendapatkan Brevet Master Gunner yang dipasangkan langsung oleh Danpusserarhanud. Mayjen TNI Nisan Setiadi.” Kata Ipda Andrias Shinta

Dalam acara tersebut juga dilaksanakan penyerahan bantuan keramik sebanyak 400 dus untuk Mushola dan Masjid Sabilul Rohim, Desa Pandanwangi, kemudian penyerahan bantuan sembako kepada Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan warga.

(fjr/red.)

banner 300250

IMG-20210616-WA0011 (1)

News Feed