Kompak, Warga Desa Panaan Lakukan Pembacaan Sholawat Burdah Keliling Desa Tangkal Covid- 19

banner 300250

PAMEKASAN, Harianmerdekapost.com – Warga Desa Panaan, Kecamatan Palengaan, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur melakukan kegiatan pembacaan solawat Burdah keliling Desa, Selasa, (24/3/2020).

banner 300250

Kegiatan ini dilakukan oleh seluruh elemen masyarakat, baik dari kalangan anak-anak, pemuda, dan dewasa.

Pantauan Harianmerdekapost.com tampak warga sangat antusias dan secara kompak membacakan sholawat burdah dengan membawa obor.

Alhasil, kegiatan ini memancing warga yang lain untuk bergabung, kegiatan jalan kaki dengan iringan solawat burdah tersebut dimulai dari dusun ke dusun, meliputi Dusun Karang Anom, Dusun Tengah, Dusun Pakes, Dusun Bata-bata dan Dusun Mor Songai.

Terlepas dari perbedaan pendapat, Pembacaan sholawat burdah keliling kampung dipercaya mampu menolak segala bentuk kemodhratan, seperti adanya Virus Corona (Covid- 19) yang sedang menghantui dunia saat ini.

Baidai Sholeh (41) tahun warga Dusun Karang Anom mengatakan, kegiatan dilakukan dalam rangka mengantisipasi dan upaya mencegah masuknya wabah mematikan tersebut

“Ini sebenarnya tradisi orang tua kita pada jaman dahulu, yang kami yakini sebagai upaya mencegah dan menolak kemudaratan, seperti Virus Corona seperti sekarang ini,” ujar Bang Da’ie.

Kegiatan tersebut disambut baik oleh Camat Palengaan H. Sukrisno, sebelumnya, Camat milan kolis tersebut ikut serta membaca burdah di balai Desa Panaan, menurutnya kegitan pembacaan solawat burdah adalah kegiatan keagamaan yang bernilai positif,

Pihaknya berharap, warga di wilayahnya tidak perlu panik dan cemas dengan Covid – 19, dengan terus melakukan pola hidup bersih dan sehat, serta meningkatkan ibadah dan doa kepada Allah SWT.

” Kegiatan pembacaan burdah keliling sudah dilaksanakan oleh sejumlah desa di Kecamatan Palengaan, juga beberapa daerah lain, warga tetap waspada, hindari keluar rumah jika tidak ada kepentingan yang mendesak,” terangnya. Selasa, (24/3/2020)

” Jaga pola hidup sehat, serta terus tingkatkan ibadah dan berdoa semoga virus ini segera berakhir,” Tukasnya.

Jurnalis : Sid / Firda Juwita

Editor: Bairi