Komandan Pusdikkes Kodiklatal Buka Pelatihan General Emergency Life Suport dan Basic Life Suport

banner 300250

banner 300250

Surabaya harianmerdekapost.com
Kodiklatal Surabaya, Komandan Pusat Pendidikan Kesehatan (Danpusdikkes) Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan latihan Angkatan laut (Kodiklatal) Kolonel Laut (K) drg. Ketut Triwanto, Sp. Ort membuka Pelatihan General Emergerncy Life Support (Gels) dan Basic Life Suport (BLS) TA 2020 yang dilaksanakan di Aula Pusdikkes kesatrian Bumimoro Kodiklatal Surabaya, Kamis, (5/3/2020)

Pelatihan Gels dan BLS Ta 2020 tersebut diikuti 171 peserta terdiri prajurit antap Kodiklatal yang menjabat Pembimbing Siswa (Bingsis) dan Siswa korps Kesehatan yang sedang menempuh pendidikan di Pusat Pendidikan Kesehatan (Pusdikes) Kodikdukum Kodiklatal.

Selain Danpusdikkes Kolonel Laut (K) drg. Ketut Triwanto, Sp. Ort hadir dalam Pembukaan tersebut Para Kadep Kodikdukum dan para Komandan sekolah dilingkungan Pusdikkes Kodikdukum. Selain itu hadir pula para instruktur yang berasal dari Persatuan Dokter Ahli Emergency Seluruh Indonesia (Perdamsi).

Danpusdikkes Kolonel Laut (K) drg. Ketut Triwanto, Sp. Ort dalam sambutannya menyampaikan sebagai seorang prajurit matra laut Tuntutan tugas kedepan banyak mengandung resiko kegawat daruratan medis baik dalam latihan penugasan ataupun di tempat kerja.

“Kecepatan dan ketepatan dalam melaksanakan pertolongan pertama merupakan kunci keberhasilan tindakan medis selanjutnya. Tindakan yang salah dalam penanganan pertama akan menambah parahnya kodisi pasien.” Jelas Danpusdikkes

Lebih lanjut disampaikan bahwa pelatihan yang akan berlangsung selama tiga hari tersebut bertujuan untuk memberikan gambaran tentang General Emergerncy Life Support dan Basic Life Suport yang harus dimiliki oleh para Bingsisi dan siswa Korps Kesehatan, sehingga setelah mengikuti pelatihan ini para peserta diharapkan memiliki ketrampilan kedaruratan medis bila terjadi sewaktu-waktu.

Editor (Red)
Jurnalis (syt)

banner 300250