Komandan Kodiklatal Buka Pendidikan Pembentukan Perwira Angkatan ke-50 TA 2020

Berita, Sosial222 Dilihat
banner 300250

banner 300250

Sidoarjo harianmerdekapost.com
Juanda Sidoarjo, Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut (Dankodiklatal ) Laksda TNI Nurhidayat membuka Pendidikan dan Lattek Orientasi Siswa Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) TNI AL Angkatan ke-50 Ta 2020 yang dilaksanakan di Lapangan Samudera Pusat Latihan Pendidikan Dasar Militer (Puslatdiksarmil) Kodiklatal yang berlokasi di Juanda Sidoarjo, Kamis, (5/3).

Hadir dalam pembukaan tersebut para Direktur Kodiklatal diantaranya Dirdiklat Laksma TNI Judijanto, M.Si., MA, Dirum Laksma TNI Rubiyanto, S.E., M.M., CHRMP, Dirjianbang Laksma TNI I Wayan Suarjaya, S.Sos, Dirdok Laksma TNI Antongan Simatupang, Dankodikopsla Laksma Laksma TNI Irwan Achmadi, M.Tr, (Han), Inspektur Kodiklatal Kolonel Laut (P) Agus Priyatna, S.T., M.M., para Komandan Pusdik, komandan Puslat dan para Komandan Pusdik di jajaran Kodiklatal.

Dankodiklatal Laksda TNI Nurhidayat dalam sambutannya menyampaikan ucapkan selamat atas keberhasilan para siswa masuk dalam pendidikan ini. Dengan harapan, semangat kompetisi seperti yang telah ditunjukkan dalam seleksi penerimaan calon siswa, tetap dapat dipertahankan untuk mengikuti seluruh program pendidikan, sehingga kelak berhasil dengan nilai yang maksimal sesuai tujuan dan sasaran pendidikan ini.

Menurutnya secara keseluruhan, pendidikan ini akan dilaksanakan selama 10 bulan yang terbagi dalam 2 tahap, tahap pertama pendidikan dasar golongan di Puslatdiksarmil Juanda dilaksanakan selama tiga bulan dan tahap kedua pendidikan dasar golongan lanjutan di pusdik-pusdik selama tujuh bulan.

Lebih lanjut disampaikan Pendidikan pembentukan perwira ini diarahkan untuk mendidik dan membentuk para bintara terpilih menjadi perwira TNI AL dalam mewujudkan kekuatan angkatan Laut yang profesional dan modern. Berkaitan dengan pelaksanaan pendidikan tersebut agar para siswa laksanakan dan mengembangkan diri dalam mengikuti pendidikan dengan mematuhi peraturan yang berlaku baik tertulis maupun tidak tertulis di lingkungan Kodiklatal.

Disisi lain disampaikan bahwa perkembangan lingkungan strategis yang sangat dinamis, berdampak cukup signifikan dalam pola pendidikan bagi prajurit TNI atau TNI AL, sehingga perlu adanya adaptasi dan sinkronisasi dalam proses pendidikan.

Selain itu sesuai kebijakan Presiden Republik Indonesia pada pengembangan organisasi TNI AL berdampak menambah jumlah Daftar Susunan Personil, hal ini mengakibatkan meningkatnya jumlah intake personel pendidikan calon perwira. Kepada Komandan Puslatdiksarmil Dankodiklatal berharap agar melaksanakan program pendidikan ini dengan penuh tanggung jawab tanpa mengorbankan kualitas hasil lulusan

Editor (Red)
Jurnalis (Time)