oleh

Kodim 0825/Banyuwangi Laksanakan Upacara Virtual Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021

Harianmerdekapost.com Jatim, Banyuwangi – Kodim 0825/Banyuwangi laksanakan upacara virtual hari lahir Pancasila 1 Juni 2021 bertempat di Aula Outdoor Jendral Besar Abdul Haris Nasution jalan RA Kartini No. 02 pada  (01/06/2021)

Upacara virtual di Makodim tersebut dipimpin oleh Mayor Inf Herawady Karnawan dan diikuti seluruh Danramil jajaran dan anggota staf.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini dilaksanakan agar masyarakat Indonesia mengetahui sejarah bangsa yang berharga mengingat 55 tahun silam, kejadian G30 S-PKI atau yang sering disebut gerakan 30 September (Gestapu) di Jakarta Tahun 1965.

Tujuan diperingati hari Kesaktian Pancasila adalah untuk membulatkan tekad guna meneruskan perjuangan, mengawal, mengamankan dan mengamalkan Pancasila secara gigih sesuai dengan naluri amal bakti para Pahlawan Revolusi.

Kegiatan ini berlangsung sesuai dengan protokol kesehatan seperti memakai masker dan tetap psysical distancing atau jaga jarak.

Dalam kegiatan virtual tersebut Presiden RI Joko Widodo menyampaikan, “Pancasila telah menyatu dalam kehidupan kita sepanjang Republik Indonesia ini berdiri namun tantangan yang dihadapi Pancasila tidaklah semakin ringan globalisasi dan interaksi antar belahan dunia tidak serta merta meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan yang harus Kita waspadai adalah meningkatnya rivalitas dan kompetisi termasuk rivalitas antara pandangan rivalitas antara nilai-nilai dan rivalitas antar ideologi ideologi transnasional cenderung semakin meningkat memasuki berbagai kehidupan masyarakat dengan berbagai cara dan berbagai strategi,”ucapnya.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi juga mempengaruhi landscape kontestasi ideologi revolusi industri 4.0 telah menyediakan berbagai kemudahan dalam berdialog dalam berinteraksi dan berorganisasi dalam skala besar lintas negara ketika konektivitas melanda dunia maka interaksi antar dunia juga akan semakin mudah dan cepat kemudahan ini bisa digunakan oleh ideologi-ideologi transnasional radikal untuk merambah ke seluruh pelosok Indonesia ke seluruh kalangan dan usia tidak mengenal lokasi dan waktu,”tuturnya

Pancasila Harus menjadi pondasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang indonesia. Saya mengajak seluruh aparat Pemerintahan tokoh agama tokoh masyarakat para pendidik kaum profesional generasi muda Indonesia dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu-padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju yang kita cita-citakan selamat memperingati hari lahir Pancasila selamat membumikan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara,”pungkasnya

(Luk/red)

IMG-20210616-WA0011 (1)

News Feed