oleh

Kodim 0825/Banyuwangi Laksanakan Kegiatan Pembinaan Tata Ruang Wilayah Pertahanan Darat TA. 2020

Banyuwangi, harianmerdekapost.com Kamis, (07/10/2020/) bertempat di Aula Panglima Sudirman Letkol Inf Yuli Eko Purwanto, S.I.P Dandim 0825/Banyuwangi pimpin kegiatan Pembinaan Tata Ruang Wilayah Pertahanan Darat TA.2020.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Letkol Inf Yuli Eko Purwanto, S.I.P Dandim 0825/Banyuwangi, Mayor Inf Herawady Karnawan Kasdim 0825/Banyuwangi, Para Perwira Staf, Danramil sejajaran Koramil Banyuwangi dan para anggota Babinsa.

Tata ruang wilayah pertahanan Darat tahun 2020 ini merupakan kegiatan program kerja dan anggaran yang dilaksanakan setiap tahun selain itu kegiatan ini merupakan forum silaturahmi untuk saling bertukar pikiran, saling memberi dan mengisi dalam meningkatkan peran pembinaan teritorial di wilayah kegiatan ini bertujuan menciptakan pembinaan tata ruang wilayah pertahanan darat yang serasi selaras dan terpadu dengan rencana tata ruang wilayah kabupaten atau kota.

Indonesia sebagai negara kepulauan yang bercirikan nusantara merupakan kesatuan pada meliputi ruang darat laut dan udara termasuk ruang di dalam bumi. salah satu upaya dalam pengelolaan wilayah adalah melalui penataan ruang nasional yang diselenggarakan secara terencana dan terpadu oleh pemerintah dengan melibatkan segenap masyarakat dalam rangka mewujudkan kesejahteraan rakyat.

Salah satu tugas TNI adalah melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat untuk membantu pemerintah menyiapkan potensi nasional menjadi kekuatan yang dipersiapkan secara dini meliputi wilayah pertahanan beserta kekuatan pendukung nya untuk melaksanakan kepentingan pertahanan negara sesuai dengan sistem pertahanan semesta. Salah satu kegiatan tersebut adalah penyusunan rencana tata ruang wilayah pertahanan darat yang disesuaikan dengan daya dukung alam serta dengan senantiasa mempertahankan keseimbangan kelestarian lingkungan.

Letkol Inf Yuli Eko Purwanto, S.I.P Dandim 0825/Banyuwangi berharap kegiatan pembinaan tata ruang wilayah pertahanan Darat tahun 2020 jajaran Kodim 0825 mencapai hasil yang optimal dan harus tepat sasaran sesuai dengan harapan dari komando atas yaitu datanya wilayah pertahanan darat statis atau tetap dan dinamis tidak tetap yang dilengkapi dengan koordinat wilayah sebagai data pendukung terselenggaranya rencana rinci wilayah pertahanan.

“Terdatanya kondisi wilayah geografi demografi, sosial dan sumber daya alam. Derdapatnya persepsi ancaman dan peluang dalam penyiapan rencana tata ruang wilayah sesuai dengan perkembangan global terdapatnya konsep pertahanan wilayah dalam melaksanakan operasi pertahanan dan pembagian wilayah,”ungkap Yuli Eko Purwanto.

Yuli menambahkan, terdapat rencana tata ruang wilayah pertahanan darat di kota mana wilayah atau satkowil, adanya kesamaan dan sinergitas antara rencana tata ruang wilayah pertahanan oleh satkowil, adanya kesamaan data tentang daerah pangkal perlawanan yang memuat tentang wilayah.

“Saya mengajak seluruh peserta agar selalu ada akan koordinasi dengan instansi terkait yang ada di wilayah dalam mencari data agar diperolehnya data yang akurat dan up to date,”pungkasnya

Agus khafi

Untitled-1
Untitled-1
WhatsApp Image 2020-10-12 at 21.14.59
WhatsApp Image 2020-10-12 at 21.14.59 (1)
WhatsApp Image 2020-10-13 at 14.18.12
WhatsApp Image 2020-09-30 at 06.08.24
WhatsApp Image 2020-09-28 at 08.08.0

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed