Kodiklatal Cetak 600 Prajurit TNI AL Strata Tamtama

banner 300250

Surabaya, harianmerdekapost.com
Kodiklatal Surabaya, Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksda TNI Nurhidayat melantik dan mengambil sumpah 600 Prajurit TNI AL strata Tamtama dalam program Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AL Angkatan ke 39 gelombang 2 TA 2019 yang dilaksanakan di Lapangan Laut Maluku Kesatrian Bumimoro Kodiklatal Surabaya.(12/3/2020)

banner 300250

banner 300250

Setelah pengambilan sumpah dan pelantikan para Prajurit baru tersebut selanjutnya akan melanjutkan pendidikan Dasar Golongan dan Kejuruan di tiga Komando Pendidikan (Kodik)di bawah Kodiklatal yakni Kodikopsla, Kodikdukum dan Kodikmar.

Komando Pendidikan Operasi Laut (Kodikopsla) yang berlokasi di Ujung, Surabaya akan dididik 130 Prajurit menjadi pelaut yang handal. Kodikopsla akan mendidik Korps Navigasi, Bahari, Isyarat, Telegrafis, Rudal, Amonisi, Ranjau, Torpedo yang semuanya dibawah Pusdikpel. Untuk korps Listrik pesawat udara dan Teknik pesawat Udara berada dibawah Pusdiksus. Kodik paling banyak mendidik siswa adalah Kodikmar yang berlokasi di Gunungsari Surabaya. Kodikmar ini akan mendidik Korps Marinir dengan jumlah 270 orang siswa.

Sedangkan Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum) yang berlokasi di Bumimoro akan mendidik 200 siswa terbagi dalam beberapa Pusdik antara lain Pusdikbanmin mendidik 65 siswa terdiri dari korps Tata Usaha, Keuangan, Perbekalan, tata Graha, Jasmani dan Kejuruan Musik, Pusdiktek mendidik 40 orang Korps Mesin, Listrik, teknik, dan angkutan Pusdiklek mendidik 40 orang korps Elektronik radar, Pudik Pomal mendidik 15 orang korps Polisisi Militer dan Pusdikkes mendidik 40 orang dengan kejuruan Para medis.

Adapun siswa terbaik Dikmata XXXIX/2 ini adalah Prada Marinir M Iqbal Adi Nugroho korps marinir kelahiran Martapura 21 Nopember 1997 anak dari pasangan Jamaludin dan ibu Sarnekawati yang beralamatkan desa Cabe Simpang Empat Martapura Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan. Prada Marinir M Iqbal Adi Nugroho ini anak ke dua dari dua bersaudara

Dalam pelaksanaan pelantikan dan pengambilan sumpah tersebut dihadiri para pejabat Utama Kodiklatal dan pejabat utama TNI AL Kotama Surabaya. Selain itu dalam acara tersebut juga ditampilkan berbagai demo kemampuan yang dimiliki oleh siswa Dikmata antara lain bongkar pasang senjata dengan mata tertutup, Defile, senam Perahu karet, senam balok dan demo lainya yang dilaksanakan secara masal. Demo diakhiri dengan menyanyikan lagu Padamu negeri.

Dalam sambutanya Dankodiklatal mengucapkan selamat atas keberhasilan para siswa dalam menyelesaikan pendidikan dasar keprajuritan dan dasar golongan di Puslatdiksarmil selama 5 bulan, sehingga berhak mengikuti pelantikan sekaligus penyumpahan sebagai prajurit tamtama TNI Angkatan Laut dengan pangkat Kelasi Dua/Prajurit Dua Marinir.
Dirinya berharap, pendidikan di Puslatdiksarmil ini dapat berhasil mengubah sikap para siswa menjadi prajurit TNI AL yang tanggap, tanggon dan trengginas serta siap dikembangkan dalam pendidikan tahap dasar golongan lanjutan di pusdik-pusdik sesuai kejuruan masing-masing

Pada saat pelantikan tadi para siswa juga mengucapkan sumpah prajurit yaitu sumpah kepada Tuhan YME, bahwa Para prajurtit akan melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab, tunduk pada hukum dan memegang teguh disiplin keprajuritan. Pertahankan kondisi fisik dan mental yang sudah baik agar dapat menyelesaikan semua tugas pendidikan tahap dasar golongan lanjutan di pusdik-pusdik dengan hasil yang optimal.

Editor : Bairi
Jurnalis (syt)

WhatsApp-Image-2022-04-27-at-14.44.45-1-1x
WhatsApp Image 2022-04-30 at 21.14
WhatsApp-Image-2022-04-27-at-14.44.45-1-1x WhatsApp Image 2022-04-30 at 21.14


News Feed