Kerja Bareng TP PKK Desa Ngerong Dengan Klinik Sehat Sejahtera ” Dalam Rangka Cegah Dini Penyakit Kronis”

Harianmerdekapost.com, Pasuruan, Jatim – Ada dua permasalahan yang menjadi beban hidup masyarakat terutama warga di tiap desa yang ada di wilayah kecamatan Gempol yakni disamping biaya kebutuhan hidup keseharian adalah biaya kesehatan dan pendidikan.

Berkait dengan perihal tersebut diatas dan demi meningkatkan peran pemerintah desa Ngerong dalam mengoptimalkan pelayanan serta meringankan beban biaya kesehatan , maka TP PKK desa Ngerong berkolaborasi dengan Klinik Sehat Sejahtera yang berkantor di jalan raya Malang, dusun Mojorejo desa Ngerong kecamatan Gempol kabupaten Pasuruan menyelenggarakan giat SENAM CERIA yang bernilai maslahat bagi warga desa terutama yang berusia lansia karena dapat mencegah penyakit kronis seperti Hipertensi, Kencing manis, Stroke dan Ginjal.

 

Giat kerja bareng perdana tersebut dilaksanakan hari Selasa tanggal ( 04-06-2024) disentralkan di halaman pendopo NGGAYUH KAMULYAN kantor gedung putih Desa Ngerong kecamatan Gempol kabupaten Pasuruan yang dimulai jam 06.00wib – selesai dan check up kesehatan.

Dimana pesertanya adalah gabungan dari PKK/ Posyandu desa Ngerong dan Karang Rejo.

Giat maslahat SENAM CERIA diagendakan akan dilaksanakan secara rutin berkesinambungan berkelanjutan setiap hari selasa yang tidak hanya dapat di ikuti oleh kader PKK/Posyandu dari desa Ngerong dan Karang Rejo tapi dapat di ikuti oleh warga dari 15 desa yang ada di wilayah kecamatan Gempol yang berminat .

Pada hari selasa tanggal ( 04-06-2024) jam 06.30 wib Tim media harian merdeka post menemui ketua TP PKK desa Ngerong Ibu Hj Dewi Kholifah,S.Psi untuk meminta tanggapan tentang Kerja bareng Senam Ceria yang bernilai maslahat untuk sisi kesehatan ( ketika beliau menyempatkan diri hadir sebelum mengikuti sebuah acara),

Beliau menjelaskan bahwa kami melakukan kerja bareng dengan Klinik Sehat Sejahtera ini untuk meningkatkan peran TP PKK dalam pelaksanaan program pemerintah desa Ngerong di bidang kesehatan dan mengoptimalkan pelayanan kesehatan khususnya buat warga desa Ngerong dan desa lainnya yang berminat mengikuti program kami ini karena benar -benar bernilai maslahat manfaat sebagai langkah efektif cegah dini ragam penyakit kronis seperti Hipertensi, Kencing manis, stroke dan Ginjal dimana poin pentingnya sebagai peran pemerintah desa dalam meringankan biaya kesehatan khususnya warga desa Ngerong dengan adanya program Senam Ceria ini. Tuturnya!!.

Yang kedua lanjutnya bahwa terkait program kerja bareng ini akan kami agendakan sebagai giat rutin berkesinambungan berkelanjutan setiap hari selasa dan bagi warga desa lain yang berminat dapat mengikutinya , Motto kami dalam melaksanakan program dibidang kesehatan adalah Sehat itu Mahal dan Pola hidup sehat itu penting. Tambahnya !!.

Kemudian awak media harian merdeka post juga menemui kepala Klinik Sehat Sejahtera Gempol Bapak Yulianto Kusuma Nugroho,SKM,M Kes kepala Klinik Sehat Sejahtera Gempol (04-06- 2024) untuk meminta komentar, Beliau menjelaskan pertama mengucapkan terima kasih kepada bapak kepala desa Ngerong bapak H Jemmy Sadiman yang telah memberikan fasilitas tempat dan lainnya hingga kami dapat melaksanakan kerja bareng dengan TP PKK desa Ngerong perdana pada pagi hari ini yang mana untuk pagi hari ini peserta senam Ceria adalah gabungan dari PKK/Posyandu dari desa Ngerong dan Karang Rejo dan berupa swadaya .

Kami telah melakukan komunikasi dengan pihak pemdes Ngerong supaya Program SENAM CERIA ini dapat dijadikan rutin berkelanjutan setiap hari selasa karena sangat bernilai maslahat karena merupakan langkah cegah dini dari penyakit kronis seperti Hipertensi, Kencing manis, stroke dan Ginjal terutama bagi yang berusia lanjut/lansia. Tuturnya!!.

Dasar dan tujuan punya prakarsa dalam program ini hingga kerja bareng dengan TP PKK desa Ngerong bahwa kami dari pihak Klinik Sehat Sejahtera ingin memberikan berpartisipasi secara nyata di bidang kesehatan terutama untuk warga desa terdekat yakni desa Ngerong dan Karang Rejo khususnya dan warga 15desa yang ada di wilayah kecamatan Gempol secara umum sebagai rasa peduli dan peran nyata kami. Jelasnya!!.

Kemudian Tim media harian merdeka post melakukan konfirmasi dengan kepala desa Ngerong bapak H Jemmy Sadiman via saluran seluler tentang pelaksanaan kerja bareng perdana Senam Ceria yang dilaksanakan oleh TP PKK desa Ngerong dengan pihak Klinik Sehat Sejahtera tersebut, Beliau menjelaskan sangat mendukung sepenuhnya giat tersebut dan harus diagendakan secara rutin karena giat Senam Ceria yang dapat mencegah pelbagai penyakit kronis itu, menurut kami sangat bernilai maslahat khususnya warga desa Ngerong tapi bagi warga desa lain yang berminat dapat mengikutinya. Tuturnya !!.

Berdasarkan hasil pantauan dan monitor tim media harian merdeka post ( 04-06-2024) sejak awal proses pelaksanaan SENAM CERIA perdana sebagai orang yang awam dibidang kesehatan dari persepsi gerakan dan se iring irama iringan musik yang di putar untuk sisi gerakan sangat runtut dan semua organ tubuh bergerak mengikuti iringan musik dengan sangat teratur, dari tiap gerakan membuat peserta ceria logika sederhana sesuai fakta yang penulis saksikan memperlancar peredaran darah dan yang kedua pada setiap sesi penekanan gerakan pada titik organ tubuh tertentu, Peserta Senam Ceria terlihat penuh semangat dan Ceria , menurut hemat penulis bahwa program TP PKK desa Ngerong terkait Program Senam Ceria yang kerja bareng dengan Klinik Sehat Sejahtera adalah merupakan program Cerdas dan tepat guna karena bernilai maslahat dan sangat dibutuhkan oleh warga desa.

( Budhi H).