Kepala Bandar Udara Torea Fakfak Sebut Industri Penerbangan Bangkit dan Pulih Pasca Pandemi.

Harianmerdekapost.com, Fakfak Papua Barat – Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Torea Fakfak, Agung Trilaksana menyatakan bahwa industri penerbangan mulai bangkit kembali setelah terdampak cukup signifikan akibat pandemi Covid-19.

“Kita ketahui, pandemi membuat pergerakan pesawat, jumlah penumpang dan kargo di semua bandara mengalami penurunan yang signifikan. Sekarang industri penerbangan kembali menggeliat,” kata Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Torea Fakfak, Agung Trilaksana saat di temui Wartawan diruang kerjanya (9/3) pukul 16.20 wit menjelaskan.

Berdasarkan data industri penerbangan global yakni momentum pemulihan lalu lintas penerbangan global mulai menguat.

Di Tahun 2022 Penerbangan di Kabupaten Fakfak baik itu jumlah pergerakan pesawat ataupun jumlah penumpang bergerak naik mencapai kurang lebih 30 persen dari Tahun sebelumnya.

Menurutnya, penurunan penumpang pada masa pandemi berlangsung sejalan dengan pengetatan mobilitas pergerakan orang, untuk menjaga protokol kesehatan.

Situasi dan kondisi pandemi inilah yang menyebabkan sejumlah maskapai penerbangan mengurangi armada dan menutup rute-rute yang tidak padat, untuk mengurangi biaya operasional.

Namun sejak pandemi, penerbangan komersial penumpang di bandara ini secara bertahap berkurang.

Lebih lanjut dia mengungkapkan bahwa Ditjen Perhubungan Udara akan terus mengupayakan agar para maskapai kembali membuka rute-rute penerbangan untuk melayani penumpang dari dan menuju Fakfak.

Sedangkan Bandara Torea Fakfak saat ini melayani penerbangan komersial dan perintis, sesekali ada penerbangan Charter, di awal Tahun ini penerbangan rute fakfak-Sorong dilayani oleh Wings Air 2 flight dalam sehari.

“Ini menjadi awal yang baik, semoga rute-rute penerbangan menuju dan dari fakfak semakin bertambah banyak sehingga pilihan masyarakat jg lebih banyak”

Ia menambahkan, perlu waktu untuk mengembalikan sektor penerbangan pada kondisi sebelum pandemi, di mana saat ini jumlah pesawat masih sangat terbatas.

Kendati demikian, Bapak Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Torea Fakfak, Agung Trilaksana Jelasnya yakin bahwa dengan kerja sama dan kolaborasi yang baik antar Kementerian/Lembaga terkait, dan melibatkan pemerintah daerah serta pemangku kepentingan penerbangan, upaya pemulihan ini akan berjalan dengan baik.

“Kita terus berusaha melakukan pemulihan agar sektor penerbangan kembali menggeliat, bandara kembali ramai dan banyak rute penerbangan yang dibuka kembali, mari bersama-sama kita wujudkan,” katanya.

(Amatus Rahakbauw).