oleh

Kelompok Tani Ternak Itik Subur Makmur Randu Pitu sebagai Peserta Lomba Agribisnis Tingkat Jawa Timur

banner 300250

Harianmerdekapost.com, PasuruanJatim, Kelompok tani ternak Bebek Subur Makmur Babat Randu pitu kecamatan Gempol kabupaten Pasuruan telah berdiri sejak tahun 2010 yang mempunyai anggota 35 orang dan ketua kelompoknya bernama Mashudi.

Kelompok tani ternak itik Subur Makmur yang berkantor di dusun Babat desa Randu pitu ini mempunyai dua program bidang usaha yakni
a. Budidaya itik
b.Olahan itik.
Untuk usaha budidaya itik berjumlah 26 buah sedang olahan itik ada 9 buah.
Ragam hasil produk olahan yang berhasil diolah oleh kelompok tani ternak Subur Makmur diantaranya
a.Rica-rica bebek.
b.Bebek ungkep.
c.Daging bebek segar.
d.Telur asin oven.
e.Telur asin asap.
f.Telur asin original.
g.Bakso tahu.
h.Tempura bebek.
i. Nugget bebek.
y. Kerupuk bebek.
k.Pupuk organik.
Pada tahun 2016 kelompok tani ternak bebek tingkat kabupaten berhasil meraih juara ke 3 dan dalam tahun yang sama kelompok tani ternak itik juga mengikuti lomba ditingkat provinsi jawa timur mewakili kabupaten Pasuruan dan keluar sebagai juara ketiga pula.

Pada hari jum at tanggal 05 -08 -2022 kelompok tani ternak Subur Makmur Babat desa Randu pitu kecamatan Gempol kabupaten Pasuruan mewakili kabupaten Pasuruan mengikuti lomba Manajemen Agribisnis tingkat provinsi Jawa Timur setelah menjadi juara 1 dalam lomba yang sama tingkat kabupaten sebelumnya.

Sistem penilaian lomba manajemen Agribisnis tingkat provinsi ini,Tim juri melakukan penilaian langsung ke tempat usaha kelompok tani ternak bebek Subur Makmur Babat desa Randu pitu kecamatan Gempol kabupaten Pasuruan dan dalam acara giat penilaian para pihak yang turut hadir antara lain
1. Asisten II Pemda Pasuruan mewakili bupati Pasuruan.
2. Kepala dinas peternakan kabupaten Pasuruan.
3. Forkompincam Gempol.
4. Kepala desa Randu pitu beserta perangkat desanya.
5. Pengurus dan anggota kelompok tani ternak bebek Subur Makmur.

Pada celah acara penilaian berlangsung tim media harian merdeka post menemui Kadis Peternakan kabupaten Pasuruan Diana Lukito Rahayu untuk meminta komentar,  menjelaskan
1. Pemda kabupaten Pasuruan menunjuk kelompok tani ternak bebek Subur Makmur sebagai wakil untuk mengikuti lomba manajemen Agribisnis ini dengan dasar karena telah menjadi juara di tingkat kabupaten.
2. Berdasarkan hasil penilaian dan evaluasi dari ppl dinas peternakan kecamatan Gempol bahwa kelompok tani ternak bebek Subur Makmur selalu konsisten dalam mengembangkan usaha yang dikelolahnya baik untuj sisi budidaya maupun olahan.
3.Sebagai satu bentuk motivasi kepada kelompok tani ternak bebek Subur Makmur untuk melakukan kreativitas dan inovasi termasuk untuk memperluas sisi marketnya.
Usaha yang telah dikelolah oleh kelompok tani ternak bebek Subur Makmur Babat desa Randu pitu dapat menunjang percepatan pertumbuhan peningkatan ekonomi kerakyatan yang berbasis lingkungan supaya dapat meningkatkan pendapatan perkapita warga desa Randu pitu Tuturnya!! (Budhi H).



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *