oleh

Kapolres Lumajang Pimpin Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Jelang Ops Ketupat Semeru 2021

Harianmerdekapost.com Jatim, Lumajang – Menjelang hari raya Idul Fitri 1442 H, Polres Lumajang menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka kesiapan Ops Ketupat Semeru 2021, Senin (3/5/2021)

Kegiatan digelar di ruang eksekutif Polres Lumajang dipimpin langsung oleh Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti Hananto Seno, S.I.K., M.Si.

Hadir dalam rapat koordinasi Lintas Sektoral ini Waka Rumkit RS Bhayangkara Lumajang Pasiops Kodim 0821 Lumajang Kabagops Polres Lumajang, Kasat Lantas Polres Lumajang Kasat Sabhara Polres Lumajang, Paur Subbag Humas Polres Lumajang, Kasium Polres Lumajang, Kasitipol Polres Lumajang.

Selain itu juga hadir dari BPBD Kab Lumajang, Dishub Kab Lumajang, Dinkes Kab Lumajang, DPUTR Kab Lumajang, Disbudpar Kab Lumajang, Satpol PP Kab Lumajang, Damkar Kab Lumajang, Banser Kab Lumajang, Organisasi relawan Badak Lumajang dan Relawan Senkom Kab Lumajang.

 

Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti mengatakan rapat ini untuk berdiskusi tentang konsep pengamanan hari raya Idul Fitri termasuk melaksanakan kebijakan Bapak Presiden terkait penyekatan mudik dengan wilayah tetangga Probolinggo maupun Malang.

“Operasi ini sudah rutin, namun setiap tahun ada perubahan-perubahan disesuaikan dengan situasi nasional dan regional, jadi setiap tahun konsepnya berbeda, kebetulan 2020 dan 2021 ini adalah musim pandemi Covid 19, jadi cara bertindak berbeda dengan 2019. 2020 dan 2021 pun juga ada pola pengamanan yang berbeda, maka dari itu kita laksanakan rapat koordinasi agar tidak terjadi mis komunikasi.” tutur Kapolres Lumajang

AKBP Eka Yekti juga mengatakan bahwa operasi ini merupakan operasi kemanusiaan, sinergi terpadu antara TNI Polri dengan seluruh stake holder baik dari instansi maupun relawan. Dukungan dan support dari seluruh instansi diharapkan untuk mensukseskan Operasi Ketupat Semeru 2021.

“Saya harap seluruh eluruh stake holder serta elemen masyarakat lainnya dapat berpartisipasi dalam kelancaran Ops Ketupat Semeru Th 2021 di Kab Lumajang,” terang Kapolres Lumajang.

Terkait dengan kegiatan yang diamankan selama pelaksanaan ops Ketupat Semeru 2021 yakni pembagian zakat, kegiatan Takbir, Sholat Ied serta ibadah Kenaikan Isa Almasih oleh umat Nasrani di Kab Lumajang.

“Pengamanan juga dilakukan di lokasi pusat perbelanjaan maupun lokasi wisata, karena pada minggu ini dan minggu depan di prediksi ada peningkatan,” ujar Kapolres dalam rapat tersebut.

AKBP Eka Yekti menyampaikan, Selama Ops Ketupat Semeru 2021 di Kab Lumajang terdapat 3 Pos antara lain Pos Sekat di Timbangan Kec Klakah, Pos Sekat di Ds Sidomulyo Kec Pronojiwo dan Pos Pam QR Sabhara.

“Perlu juga diantisipasi jalur jalur tikus bagi pemudik yang masuk ke wilayah Kab Lumajang,” ungkapnya.

Selebihnya dikatakan Kapolres, Lumajang masuk dalam wilayah Rayon III yang terdiri dari Lumajang, Jember, Situbondo Bondowoso, dan Banyuwangi dimana dalam satu rayon tersebut masyarakat bisa keluar masuk tanpa ada pemeriksaan namun untuk wilayah Jember masuk dalam kategori zona orange sehingga perlu disosialisasikan kepada masyarakat untuk antisipasi

“Dalam bertugas nantinya agar petugas yang ada di lapangan tetap waspada atas keselamatan diri masing masing serta menerpkan buddy sistem,” tandas AKBP Eka Yekti Hananto Seno.

Lebih lanjut, ia menambahkan, dalam pelaksanaan operasi yustisi dirubah menjadi kegiatan pendataan atau tracking terhadap pemudik yang sudah pulang mendahului untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan dan melakukan isolasi mandiri selama 5 hari.

“Saya rubah sedikit menjadi pendataan atau pendeteksi para pemudik pendatang dan sudah tiba di kampung halaman, karena saya anggap Lumajang menjadi finis dari alur mudik,” ujarnya

Namun yang harus diantisipasi adalah jangan terjadi penularan virus dari orang lain, saudara, keluarga dan tetangga yang habis pulang luar kota Lumajang itu yang paling penting.

“Untuk itu perlu diantisipasinya bagi pemudik yang sudah datang lebih dulu dari luar kota Lumajang,” pungkas Kapolres.

(fjr/red)

WhatsApp Image 2021-04-14 at 21.24.10
iklan 11 april 2021
WhatsApp Image 2021-04-05 at 17.13.30 (1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed