Kapolda Jatim Pimpin Upacara Pemakaman Bharatu (Anumerta) Doni Priyanto

-Berita-201 Dilihat
banner 300250

banner 300250

Trenggalek,harianmerdekapost.com – Isak tangis dan suasana duka mengiringi upacara pemakaman Bharatu (Anumerta) Doni Priyanto di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kabupaten Trenggalek. Minggu (1/3)

Ratusan anggota Polri dan perwakilan instansi samping lainnya sudah memadati pelataran TMP sejak pagi untuk menyambut kedatangan jenazah dan mengantar almarhum yang berpulang ke haribaan Ibu Pertiwi sebagai Kusuma bangsa.

Sementara di halaman TMP nampak dipenuhi karangan bunga ucapan belasungkawa dari para pejabat Polri maupun sipil. Mulai dari Kapolri, Kadivhumas, Kapolda Jatim, Petinggi TNI hingga Kapolres jajaran.

Bertindak selaku inspektur upacara adalah Kapolda Jatim Irjen Pol Drs. Luki Hermawan, M.Si. Sedangkan upacara pemberangkatan dari rumah duka dipimpin oleh Komandan Pasukan Pelopor Korp Brimob Polri Brigjen. Pol. Drs. Verdianto Iskandar Bitticaca, M.Hum.

Turut hadir dalam upacara tersebut antara lain Komandan Resimen III Paspor Korbrimob Polri Kombes Pol Wahyu Widiarso Suprapto, S.I.K., M.Si., Pejabat utama Polda Jatim, jajaran Forkopimda Kabupaten Trenggalek, Kapolres jajaran serta pasukan Brimob, Polres dan Kodim 0806 Trenggalek.

Suasana sedih sangat terasa saat peti jenazah Bharatu (Anumerta) Doni Priyanto diturunkan ke liang lahat diiringi dengan dentuman tembakan salvo sebagai tanda penghormatan terakhir. Terlihat beberapa rekan kerja dan keluarga menitikkan air mata merasakan duka yang mendalam.

Kapolda Jatim menuturkan, Bharatu (Anumerta) Doni Priyanto adalah putra terbaik Polri asal Trenggalek yang telah gugur membela NKRI di Papua. Mewakili jajaran Polda Jatim, Pihaknya mengucapkan turut belasungkawa sedalam-dalamnya atas gugurnya Bharatu (Anumerta) Doni Priyanto diusianya yang menginjak 24 tahun tersebut.

“Selaku Kapolda Jawa Timur mengucapkan turut berbelasungkawa. Semoga Almarhum diterima disisi-Nya dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan keikhlasan” Ucap Kapolda

Irjen Pol Drs. Luki Hermawan menambahkan, pihaknya berharap nama Almarhum bisa diabadikan sebagai Pahlawan di Kabupaten Trenggalek atau dalam bentuk nama jalan sebagai wujud penghormatan dan penghargaan atas jasa serta darmabaktinya menegakkan NKRI.

“Pada kesempatan ini saya ucapkan terima kasih kepada Gubernur Jatim yang tadi siang telah menerima jenazah di bandara dan Bupati serta masyarakat Trenggalek yang sungguh luar biasa yang ikut mengantarkan almarhum ke tempat peristirahatan terakhir.” Pungkasnya

Senada, Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak, S.I.K., M.H., mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu prosesi pemakaman almarhum Bharatu (Anumerta) Doni Priyanto mulai dari proses penjemputan, pemberangkatan jenazah hingga prosesi pemakaman di TMP.

“Semoga apa yang kita lakukan menjadi ladang ibadah dan dicatat sebagai amal baik serta barokah bagi kita semua” Ucap AKBP jean Calvijn

“Rangkaian prosesi pemakaman berlangsung lancar hingga selesai” tambahnya

Sebagai informasi, Bharatu (Anumerta) Doni Priyanto merupakan anggota Resimen Tiga Pasukan Pelopor Korps Brimob Mabes Polri dan tergabung di Satgas Belukar Nemangkawi 2020 yang ditugaskan menjaga keamanan, perdamaian dan kedaulatan NKRI di Papua.

Almarhum gugur setelah terjadi kontak senjata dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Jipabera Arwanop, Distrik Tembagapura, Papua dan berhak menerima kenaikan pangkat luar biasa setingkat lebih tinggi menjadi Bharatu Anumerta.

Semasa hidupnya, almarhum dikenal sebagai pribadi yang pendiam namun ulet dalam bekerja. Almarhum yang telah mengabdi sebagai anggota Polri sejak tahun 2017 ini meninggalkan dua orang tua dan seorang.(umar)

banner 300250