Kampung Aman dan Kondusif, Karena Warga dan Linmas Terus Galakkan Jaga Ronda Malam

banner 300250

Surabaya, harianmerdekapost.com – Dalam rangka menjaga keutuhan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) adalah merupakan tugas TNI (Tentara Nasional Indonesia), sedangkan untuk menjaga keamanan dan ketertiban bangsa dan negara secara umum dilakukan oleh Polri (Kepolisian Republik Indonesia).

Akan tetapi di lingkungan warga masyarakat kecil dalam tingkatkan RT / RW. Sistim Keamanan Lingkungan (Siskamling) merupakan salah satu usaha dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban dalam masyarakat setempat.

Untuk itu jaga ronda malam menjadi sarana efektif dalam menjaga keamanan lingkungan. Melalui ronda malam, warga dan linmas dapat berpatroli keliling lingkungan untuk menciptakan suasana aman.

harianmerdekapost.com

Malam ini terlaksana, dilaksanakan oleh warga kampung Bukid l-D / 17-C Kelurahan Banyu Urip Kecamatan Sawahan Surabaya, terutama warga RT 05 / RW 05 yang selalu aktif melaksanakan jaga ronda malam rutin. Sesuai anjuran koordinator linmas Sugeng Herminanto dan ketua RW 05 Handi Tri Prawono, Sabtu (21/3/2020) malam.

Dengan adanya kegiatan jaga ronda malam rutin ini, kita sebagai warga kampung Bukid lll merasa sangat aman dengan adanya ronda malam, ronda malam untuk mengantisipasi. “Apabila ada warga / masyarakat yang membutuhkan bantuan yang sifatnya mendadak, contoh. Orang melahirkan, meninggal dunia dan sakit yang sifatnya kritis dan menghawatirkan,” tukas Sugeng.

Sementara itu di sampaikan ketua RT 05 Agus Harso, bahwa selain untuk menciptakan rasa aman dan kondusif di lingkungan warga kami sebagai ketua RT 05 menghimbau kepada warga agar dapat aktif melaksanakan jaga ronda malam. “Karena tidak akan mungkin dapat terciptanya lingkungan aman dan kondusif kalau tidak ada dukungan warga kita sendiri,” tandasnya Agus.

harianmerdekapost.com

Sutamat, sebagai Satgas linmas Kelurahan Banyu Urip menyampaikan, harapan kami warga RT 05 agar dapat memperhatikan dan perbaikan terhadap pos ronda ini. “Karena kondisi pos kamling yang ada saat ini di tempat kita sudah layak untuk di pergunakan oleh warga dan petugas linmas jaga ronda saat dalam melaksanakan kegiatan ronda malam rutin,” kata Sutamat.

Senada yang di ucapkan oleh ketua RW 05 Handi Tri Prawono, warga dan linmas jaga ronda malam terleksananya berkat kesadaran warga dan linmas akan keamanan lingkungan.” Sengaja pos kamling ini kami hidupkan mengigat maraknya pencurian dibeberapa daerah dikhawatirkan akan menimpa kampung kami,” ucapnya.

Jurnalis: Bairi
Editor:.Sabairi