Jaga Kamtibmas Warga Bukid lll Kelurahan Banyu Urip Surabaya Terus Giatkan Ronda

banner 300250

Surabaya, harianmerdekapost.com – Sebagai tanggung jawab bersama dalam menciptakan kemanan lingkungan dari ancaman aksi kejahatan yang akan menggangu ketertiban masyarakat, warga Bukid lll Kelurahan Banyu Urip Kecamatan Sawahan menerapkan ronda malam.

Dalam melaksanakan giat jaga ronda malam ini di RT 01 dihadiri oleh: Ketua RT 02 Sugeng Herminanto, wakil ketua RT 03 Heru, ketua RT 04 Subaidi, ketua RT 05 Agus Harso, sekertaris RT 06 Alex, wakil ketua RT 01 Mariyanto, bersama staf dan 2 anggota linmas.

Seperti diketahui meskipun tidak jauh dari kantor Balai RW 05, bukan alasan bagi warga Bukid lll Kelurahan Banyu Urip untuk menjalankan salah satu tradisi leluhur tersebut.

Memanfaatkan pos kamling yang telah dibangun, warga masing-masing lingkungan dan pemangku bergiliran mengikuti jadwal jaga ronda malam yang telah ditentukan bersama petugas linmas dan warga.

Sugeng Herminanto menyebutkan, kegiatan ronda tersebut diberlakukan untuk memersempit ruang gerak para pelaku kejahatan seperti pencurian atau tindakan pelanggaran pidana lainnya.

“Sekarang ini sedang suasana paceklik, di masa seperti ini kerap meningkat aksi kejahatan yang bisa saja pelakunya datang dari luar. Karena itu untuk mengantisipasinya kami sepakat mengaktifkan ronda,” tegas koordinator linmas, Kamis (12/3/2020) malam.

Oleh sebab itu pihaknya mengajak semua warga dan linmas untuk terus meningkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian serta tak kalah pentingnya koordinasi dan menginformasikan dengan aparat dan petugas terdekat jika terjadinya kejahatan atau yang dianggap mencurigakan.

“Warga jangan sungkan jika ada kejadian atau yang mencurigakan untuk laporan agar kita bisa lebih cepat lapor ke Polisi atau petugas berkompeten pemerintah lainnya,” tandasnya.

Jurnalis: Bairi
Editor: Sabairi