oleh

Ini Cara Dinas Peternakan Situbondo Siasati Dugaan “Kenakalan” Oknum Pedagang Pada Sektor Retribusi

Harianmerdeka post. Situbondo Jatim – Setelah sempat berhembus isu miring perihal tidak diberikannya tanda bukti (karcis) pembayaran retribusi ternak dan parkir kepada pedagang oleh petugas, Kepala Pasar Hewan “Sabtuan” Sumber Kolak Kabupaten Situbondo akhirnya angkat bicara. Menurutnya, kebijakan tersebut terpaksa di ambil untuk mensiasati supaya tidak dimanfaatkan oleh oknum pedagang nakal, Selasa (04/04/2021).

Kepala Pasar Hewan “Sabtuan” Sumber Kolak Kecamatan Situbondo Kota Agung, akhirnya angkat bicara setelah beberapa waktu lalu lingkungan kerjanya di hembus isu miring perihal dugaan pungli terkait keluhan beberapa pedagang pasar yang tidak diberi tanda bukti pembayaran retribusi ternak.

Ditemui di ruangan Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Situbondo yang bertajuk Bumi Sholawat Nariyah ini, di dampingi oleh Drh. M. Hassanudin Riwansia dan juga Seketaris Dinas Peternakan Buchori, dirinya mengklarifikasi dugaan tersebut.

“Memang benar jika para pedagang tidak kita beri tanda bukti pembayaran retribusi mas, tapi tetap karcis tersebut kita musnahkan. Terpaksa kita ambil kebijakan seperti itu karena jika kita berikan, diduga seringkali dimanfaatkan oleh pedagang nakal khususnya pemilik ternak yang nakal,” bebernya.

Pasar Hewan “Sabtuan”, lanjut Agung, mempunyai dua pintu. Seringkali, karcis yang sudah dibayar tersebut diduga terkadang di manfaatkan oleh pemilik ternak nakal untuk memasukkan ternak yang berbeda lewat pintu yang lain.

“Itu karcisnya langsung disobek mas, kalau tidak disobek biasanya di buat masuk lewat pintu yang lain dan memasukkan ternak lainnnya dengan alasan sudah di karcis,” imbuh pria ini dengan logat Madura-nya.

Sementara, Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Situbondo, Drh. Hassanudin Riwansia menjelaskan, lingkungan pasar hewan terdiri dari banyak komponen, berbagai kultur masyarakat menjadi satu disana. Pertimbangan kebijakan tersebut yang diambil untuk mewujudkan situasi kondisi yang kondusif selama terjadi transaksi. ( Feri/Sigit )

iklan 11 april 2021
WhatsApp Image 2021-04-05 at 17.13.30 (1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed