oleh

Indahnya Pantai Selayar di Bawean, Bisa Berjalan Kaki Ke Pulau Seberang

Harianmerdekapost.com – Gresik,Jatim – Jalannya masih sempit dan berkelok, kadang naik dan turun mengasyikan. Namun demikian setelah perjalanan kurang lebih 2 kilometer dari jalan raya dan masuk areal pantai. Langsung terasa kepuasan setelah melihat indahnya Pantai Selayar. Selain pantai yang indah, diseberang sana ada Pulau Selayar yang indah pula.

Pada setiap sore hari, disaat air laut surut. Para wisatawan bisa berjalan kaki melintasi perairan pantai menuju pulau selayar yang indah dan tak berpenghuni. Disana para wisatawan akan dimanjakan dengan keindahan pulau Selayar yang indah. Tentunya juga pemandangan pantai selayar dengan hamparan pasir serta tumbuhan mangrove yang membatasinya.

Sebelum dua tahun lalu. Pantai ini masih berupa warisan alam yang indah. Sepanjang bibir pantai, selain pasir yang lembut, juga dipenuhi deretan pohon mangrove. Banyaknya obyek-obyek daya tarik itu semakin melengkapi modal alam keindahan yang dimiliki Pantai Selayar.

Sejak dua tahun terakhir, masyarakat setempat mulai bergotong royong untuk mengelolanya menjadi sebuah destinasi wisata. Modal alam yang luar biasa itu mulai disentuh oleh tangan-tangan kreatif warga setempat. Meski masih sangat sederhana, tapi upaya teman-teman yang tergabung dalam Pokdarwis-Bumdes Dusun Taubat, Sungai Rujing, Sangkapura, patut mendapat apresiasi.

Beberapa fasilitas juga dibangun untuk menunjang pariwisata. Ada lahan parkir, toilet dan musholla, warung yang juga dilengkapi beberapa gazebo. Beberapa spot foto di sepanjang bibir pantai yang membelakangi Bukit Selayar juga telah tersedia.

Atas Upaya masyarakat Desa tersebut, Fandi Akhmad Yani Bupati Gresik melaunching Pantai selayar sebagai asset Desa Wisata Sungairujing Kecamatan Sangkapura Gresik Jawa Timur pada Rabu, (9/6/2021) kemarin.

“Aset wisata ini sungguh sangat indah. Kami mohon masyarakat disini untuk menjaga dan selalu memberikan perubahan dengan sentuhan sentuhan yang lebih baik. Kumpulkan para anak muda. Perbanyaklah dan buatlah spot-spot foto yang lebih istagramable” katanya.

Bupati yang biasa disapa Gus Yani ini meminta para pengelola wisata pantai Selayar akan diundang dan dipertemukan dengan perguruan tinggi, untuk mengadakan semacam Kerjasama dengan akademisi dan peguruan tinggi.

“Kalau bisa bekerja sama dengan akademisi dan perguruan tinggi tentu akan lebih intens karena pihak perguruan tinggi bisa mengirim mahasiswanya untuk melakukan pembelajaran sekaligus aka nada kajian-kajian yang terus menerus.” kata Gus Yani.

Kepada seluruh masyarakat terutama yang memiliki asset wisata didesanya, Gus Yani berharap agar semakin tumbuh kesadaran warga untuk menggiatkan pariwisata.

“Dengan tumbuhnya kesadaran masyarakat tentu tak hanya kelestarian alamnya saja yang terjaga. Tapi juga roda perekonomian yang akan semakin tergerak baik. Bagaimana hasil pertaniannya, hasil lautnya, dan segala produk-produk masyarakat bisa terdistribusi bila kegiatan parisiwata digarap dengan baik dan memberi kenyamanan bagi pengunjung” katanya. (sdm/wwn)

IMG-20210616-WA0011 (1)

News Feed