IAI Aceh, Wisudakan 263 Serjana Angkatan V

banner 300250

 

Aceh, harianmerdekapost.Com-Rektor  Institut  Agama Islam  Almusslm Aceh DR .Sifullah,S,  Ag , Mpd, Mewisuda 263 serjana sastra satu angkata  V  diauditorium Tgk Chik Abdurrahman IAI Setempat,  selas,(3/3/2020).

banner 300250

banner 300250

Ke-263 sarjana yang diwisuda  terdiri dari Fakultas Tarbiyah 159 orang, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam 105 orang dan 16 orang diantaranya berhasil lulus dengan predikat Cumlude (pujian).Rektor IAI Almuslim Aceh DR Saifullah, S Ag, M Pd dalam pidatonya antara lain menyampaikan, tidak ada lagu yang pantas dinyanyikan, tiada syair yang layak didendangkan dan tiada kata yang harus diucapkan selain simponi dzikir dan syukur kehadirat Allah SWT, karena atas rahmat dan Inayah-Nya  dapat melaksanakan wisuda dengan penuh khidmat.

Dikatakan, wisuda merupakan puncak dari proses pendidikan di perguruan tinggi, wisuda bukanlah segalanya dalam konteks   belajar sepanjang hayat.

Seorang sarjana setelah menyelesaikan studinya  diharapkan untuk dapat bekerja dan berkarya. Bekerja adalah kewajiban dan sekaligus ibadah. Dalam sebuah hadis Nabi menyebutkan,”bekerja itu adalah perjuangan di jalan Allah. 

“Bekerja membutuhkan ketekunan ksungguhan, kedisiplinan dan professional. Bekerja tidak harus menjadi pegawai negeri, masih bganyak lapangan pekerjaan lain yang bisa dilakukan.

“Hidup berwiraswasta perlu ditumbuh kembangkan tidak perlu gensi pilih-pilih pekerjaan, asal pekerjaan itu baik dan halal. Para wisudawan diharapkan menjadi orang yang rendah hati, tidak sombong dan tidak congkak, mampu bersikap sopan santun terhadap siapapun,” katanya.

Orang yang sombong dan congkak tidak dicintai Allah  dan manuaiapun akan lari menjauhkan dari padanya. Wisudawan hendaklah mnenjadi orang yang mampu berbakti kepada dua orang tua dan gurunya, agar mnenjadi anak yang shaleh.

“Menghormati guru dan dosen merupakan wasilah ang baik sehingga ilmu seseorang bermanfaat ditengah-tengah masyarakat,” ujar Rektor.

Diingatkan, para wisudawan hendaklah selalu ingat dengan almamaternya, bahwa IAI Almuslim Aceh adalah ibu kandungmu yang kedua. Dialah yang telah meluluskan kamu menjadi sarjana. Almamater tidak meminta balas jasa, tapi berjasalah. Alamamter sangat senang kalau alumninya sukses di tengah-tengah masyarakat dapat berjuang membantu masyarakat.

Dan Almamater akan sangat merasa sedih dan terpukul ketika alumninya ada yang berakhlak buruk dan lemah semangat untuk berjuang.

Rektor berpesan para Alumninya yang diwisuda, harus saling doa mendoakan, karena doa adalah senajata orang mukmin. Dosen mendoakan mahasiswanya dan mahasiswa mendoakan dosennnya.

“Orang tua mendoakan anaknya, dan anak mendoakan orang tua,” harap Rektor.

Wisuda yang berlangsung di Auditorium Tgk Chiek Abdurrahman setempat turut dihadiri  Plt Bupati Bireuen DR H Muzakkar A Gani,SH, M Si,  Ketua Koordinator Kopertis Wilayah V Aceh Prof DR Warul Walidin dan rombongan, unsur Forkopimda Kabupaten Bireuen,Dan RK Yonif-113/JS, unsur Ketua, DR Amiruddin Idris, anggota, Dewan Pembina serta anggota dewan pengawas Yayasan Almuslim Peusangan.

Juga hadir  Kakan Kemenag Bireuen, para Ulama, para Kepala SKPK di lingkungan Pemkab Bireuen. Pra Ulama, Abu, Teungku Pimpinan Dayah, para pimpinan Perbankan, para Camat dan unsur Muspika Kecamatan Peusangan, para Kepala Madrasah, Kasek, para Imum Chiek, Imum Mukim, Keuchik, Imum Gampong, Dosen IAI Almuslim Aceh, anggota Senad IAI Al Muslim Aceh serta segenap Civitas Akademika,para orang tua, suami/isteri wisudawan serta sejumlah undangan lainnya. (Wardi) 

WhatsApp-Image-2022-04-27-at-14.44.45-1-1x
WhatsApp Image 2022-04-30 at 21.14
WhatsApp-Image-2022-04-27-at-14.44.45-1-1x WhatsApp Image 2022-04-30 at 21.14


News Feed