Hentikan Perbaikan Gorong-gorong di Dempoh Barat, LSM LIRA Akan Klarifikasi PU Pamekasan

banner 300250

banner 300250

PAMEKASAN, Harianmerdekapost.com – Masyarakat beserta anggota LSM Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Pamekasan, perbaiki gorong-gorong yang ambruk di Dusun Jenten Desa Dempoh Barat Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan Madura. Sabtu (14/03/2020).

Ambruknya gorong-gorong tersebut kurang lebih lima bulan lamanya. Karena tidak ada perhatian dari pemerintah, maka masyarakat bersama LSM LIRA memperbaikinya dengan biaya swadaya secara patungan.

Sebelumnya, LSM LIRA bersama tokoh masyarakat setempat mendatangi lokasi dan meminta keterangan kepada masyarakat sekitar gorong-gorong tersebut.

Budiono, selaku tokoh masyarakat setempat mengatakan, ambruknya gorong-gorong tersebut banyak menelan korban terutama pengendara roda dua.

“Gorong-gorong ini sudah lama rusak hampir 5 (lima) bulan lamanya, dan sudah banyak makan korban,”Kata Budiono.

Sementara itu, H. Johar, warga setempat mengatakan, lokasi tersebut pernah ditinjau oleh petugas yang mengaku dari PU Kabupaten Pamekasan. Namun, sampai saat ini tak kunjung ada perbaikan.

“Saya tanya pada petugasnya, kapan pak mau diperbaiki?, Petugasnya jawab masih tahap perencanaan,“cerita H. Johar.

Berdasarkan keterangan dari dua tokoh masyarkat tersebut, maka tim investigasi LSM LIRA bersama masyarakat sekitar bermusyawarah untuk memperbaiki ambruknya gorong-gorong tersebut.

Dicapailah kesepakatan, ambruknya gorong-gorong tersebut akan diperbaiki dengan swadaya masyarakat.

Namun, setelah mencapai 50% pengerjaan, ada yang mendatangkan bahan material berupa beton dan cor ke lokasi tanpa diketahui orangnya.

Maka dari itu, anggota LSM LIRA bersama masyarakat akan mendatangi kantor PU Pamekasan akan klarifikasi, siapa yang mendatangkan bahan material tersebut ke lokasi.

Sampai berita ini diturunkan, TIM Investigasi LSM LIRA belum menghubungi pihak PU Pamekasan. (Hewi Anggara)

banner 300250