Gubernur AAL Hadiri Upacara Pelantikan Dikmata TNI AL

banner 300250

banner 300250

Surabaya, harianmerdekapost.com –
Gubernur AAL Laksamana Muda TNI Edi Sucipto, S.E., M.M menghadiri upacara pelantikan dan pengambilan sumpah mantan siswa Pendidikan Pertama Tamtama Prajurit Karier (Dikmata PK) TNI AL angkatan ke-39 gelombang 2 TA 2019 yang diselenggarakan di Lapangan Laut Maluku, Kodiklatal, Bumimoro, Surabaya, Kamis (12/3).

Dalam upacara militer tersebut sebanyak 600 prajurit muda TNI AL dilantik dan diambil sumpahnya oleh Komandan Kodiklatal Laksamana Muda TNI Nurhidayat ditandai dengan penyematan tanda pangkat balok satu di lengan sebagai prajurit berpangkat Kelasi Dua/Prajurit Dua. Pelantikan tersebut disaksikan para tamu undangan serta orang tua dan keluarga prajurit muda tersebut.

Setelah pelantikan dan pengambilan sumpah bagi prajurit muda tersebut, selanjutnya mereka akan melanjutkan Pendidikan Dasar Golongan Lanjutan dan Kejuruan di tiga Komando Pendidikan (Kodik) di bawah Kodiklatal yakni Kodikopsla, Kodikdukum dan Kodikmar.

Komando Pendidikan Operasi Laut (Kodikopsla) yang berlokasi di Ujung, Surabaya akan mendidik 130 prajurit siswa ini menjadi pelaut yang handal, sedangkan Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum) yang berlokasi di Bumimoro akan mendidik 200 prajurit siswa yang terbagi dalam beberapa Pusat Pendidikan (Pusdik) serta Komando Pendidikan Marinir (Kodikmar) yang berlokasi di Gunungsari Surabaya akan mendidik 270 prajurit muda ini menjadi prajurit petarung Korps Marinir yang tangguh.

Usai upacara ditampilkan berbagai demo kemampuan yang dimiliki oleh siswa jebolan Kodiklatal ini, antara lain kolone senapan, senam karet, senam balok dan tarian kolosal. Nampak Gubernur AAL turut serta ditengah-tengah para prajurit ujung tombak kesatuan ini, dalam irama musik tarian yang bersemangat.

Hadir dalam acara tersebut Pankoarmada II Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto, Kasgartab III/Surabaya, Danlantamal V Surabaya, Danpuspenerbal, Karumkital dr. Ramelan, Kadispsial dan para Komandan Kodik dan Pusdik jajaran Kodiklatal.

Editor: Bairi
Jurnalis (syt)

banner 300250