oleh

Gandeng Investor Korea Selatan, PT. Imza Rizky Jaya Bakal Bangun PLTS Berkapasitas 100 MW di Kaltim

banner 300250

Harianmerdekapost.com -Presiden Direktur PT.Imza Rizky Jaya (IRJ) Group,Dr (Cn) Hj.Rizayati, SH.,MM kepada media ini mengatakan, bahwa pihaknya telah menggelar pertemuan dengan Forkopimda Kabupaten Kutai Kartanegara, pimpinan DPRD Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, di Kutai, Senin, (20-09/2021).

Foto/Dok: GM PT.Imza Rizky Jaya,Dr.Sayid Fadhil,SH.M.Hum, saat berfoto bersama dengan unsur Pimpinan DPRD Kab.Kutai Kartanegara, Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan, dan Perwakilan Pemda Kutai Kartanegara, Kaltim
Foto/Dok: PT.Imza Rizky Jaya Dengan Investor Korea Selatan, akan bangun alternatif listrik dari sumber energi PLTS, Berkapasitas 100 MW di Kaltim.
Lokasinya
GM PT. Imza Rizky Jaya Group, Dr. Sayid Fadhil,SH.M.Hum. Bersama Timnya beberapa waktu yang lalu sedang melakukan Survei Lapangan, pada lokasi Lahan Pembangunan PLTS di Kecamatan , Kelurahan Samboja Kuala Kabupaten, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kaltim, Indonesia

Dalam pertemuan tersebut merupakan tindak lanjut dari rencana awal sebelumnya untuk agenda pelaksanaan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) atau Power Plant, atas kerja sama dengan PT. IRJ Group dengan JS Power Co,Ltd, Park Choon Ho, merupakan sebuah perusahaan asal negara Korea Selatan (Korsel). Pada pertemuan itu PT IRJ turut yang diwakili Dr. Drs. Sayid Fadhil, SH, M.Hum, selaku General Manager PT Imza Rizky Jaya.



banner 300250

“Pemerintah Kutai Kartanegara, Alhamdulillah sangat merespon secara positif dengan berharap pilot project pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) tersebut bisa segera terealisasi dan terwujud dengan cepat di daerah Kalimantan Timur, khususnya wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara,” sebutnya pengusaha sukses asal Aceh juga penggagas Program Indonesia Terang (Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya /PJU-TS) telah terpasang puluhan ribu unit mulai dari Aceh hingga Papua kepada media ini, Senin (20/9/2021).

Selain Dr. Sayid Fadhil dari PT.Imza Rizky Jaya Group, juga hadir Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kutai Kartanegara, H.M. Alif Turiadi, SE, Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan Sabaruddin Panrecalle, M.A.P, perwakilan dari Dinas Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Badan Pertanahan Negara (BPN), juga perwakilan instansi terkait daerah setempat.

“Dalam kesempatan itu, saya mewakili PT.Imza Rizky Jaya, meminta kepada Pemda Kutai Kartanegara dan Pemkot Balikpapan supaya bisa segera memberikan informasi secepatnya, agar kita semua dalam waktu dekat ini bisa segera melakukan koordinasi dengan partner mitra kerjasama kita asal negara Korea Selatan. Kalau semua perencanaan tahapan ini bisa berjalan lancar tanpa ada kendala, baik dari sisis aspek legalitasnya yakni perizinan, tata ruang dan legal administrasi lainnya sudah terpenuhi, baru nanti kita berani masuk ke daerah setempat. Sebab, pihak mitra kami asal negara Korsel (investor) ingin ‘clear and clean secara menyeluruh seutuhnya’,” katanya Dr. Sayid Fadhil saat disampaikan nya kepada awak media ini Senin, (21-09/2021).

“Jadi intinya kita bersama para investor itu hanya tahunya datang dan bangun teknologinya dilapangan bisa terealisasi daerah ini, sedangkan seterusnya pihak kita yang kelola dalam hal ini PT.Imza Rizky Jaya.
Adapun wilayah atau area lokasi yang akan dibangun tersebut berada di antara wilayah/daerah Kabupaten Kutai dan Kota Madya Balikpapan. Maka oleh karena itu, dari awal kita mempertegaskannya dengan meminta persetujuan jajaran unsur pemerintahan daerah, melibatkan keikutsertaan dari lembaga Legislatif (DPRD) dari dua wilayah setempat, sebagaimana salah satunya tupoksinya pengawasan terhadap pemerintah daerah,” ujarnya general manager PT.Imza Rizky Jaya Group, Dr. Sayid Fadhil.

Selanjutnya menurutnya, bahwa dari hasil diskusi pada pertemuan tersebut akan bisa segera memastikan ketersedian tanah tanpa terjadi sangketa, dengan catatan bahwa tanah atau lokasi tersebut memang layak dan dapat dipergunakan untuk potensi sumber pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

“Namun yang paling penting untuk perlu digaris bawahi adalah kalaupun izin itu ada, maka mereka akan memprioritaskannya pada Program Nasional dalam rangka peningkatan alternatif sumber Tenaga Listrik,” terangnya Dr. Sayid Fadhil, yang juga pernah menjabat Kepala BPKS Sabang, Provinsi Aceh.

Selain itu, luas area tanah untuk pembangunan PLTS di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kaltim dibutuhkan tersebut, Alhamdulillah telah tersedia luas wilayahnya sebesar 200 hektar. Sehingga Power Plant yang akan dibangun atas kerja sama antara PT. IRJ Group dengan JS Power Co,Ltd, Park Choon Ho ini berkapasitas 100 Megawatt (MW)”. ujarnya Dr Sayid Fadhil

Sebelumnya, GM PT.Imza Rizky Jaya, Dr.Sayid Fadhil,SH.M.Hum bersama timnya, beberapa waktu yang lalu telah melakukan survei lokasi ke daerah tersebut, lokasinya persisnya berada di Kelurahan Samboja Kuala, Kecamatan Kecamatan Samboja,Kabupaten Kutai Kartanegara,Provinsi Kalimantan Timur.

Sekilas Profil Kawasan Samboja, Tempat PLTS yang akan dibangun PT.Imza Rizky Jaya Group.

Samboja adalah sebuah wilayah Kecamatan di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Kecamatan ini memiliki 23 Desa/Kelurahan dengan rincian 4 Desa dan mencakup 19 Kelurahan. Luas wilayah Kecamatan Samboja adalah mencapai 1.045,90 kilometer persegi. Adapun, berada di koordinat 116°50’BT – 117°14’BT dan 0°52’LS – 1°08’LS. Pusat Ibukota Kecamatan Samboja adalah Kelurahan Samboja Kuala.

Kecamatan Samboja memiliki sekitar 23 desa dan kelurahan, yaitu: Desa Beringin Agung, Desa Bukit Raya, Desa Karya Jaya,Desa Tani Bhakti,Kelurahan Amborawang Darat,Kelurahan Amborawang Laut.

Sedangkan kelurahannya meliput Kelurahan Argosari,Kelurahan Bukit Merdeka,Kelurahan Handil Baru, KelurahanHandil Baru Darat,Kelurahan Kampung Lama,Kelurahan Karya Merdeka, Kelurahan Kuala Samboja,Kelurahan Margomulyo,Kelurahan Muara Sembilang, Kelurahan Salok Api Darat,Kelurahan Salok Api Laut,Kelurahan Sanipah,Kelurahan Sungai Merdeka,Kelurahan Sungai Seluang,Kelurahan Tanjung Harapan,Kelurahan Teluk Pemedas,dan Kelurahan Wonotirto.

Kecamatan Samboja berbatasan dengan : Utara Kecamatan Muara Jawa, Selatan berbatasan dengan Kota Balikpapan, Timur berbatasan dengan Selat Makassar dan Barat berbatasan dengan Balikpapan, Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara, dan Kab. Penajam Paser Utara.

Adapun menurut Sayid Fadhil, menyangkut letak lokasi pembangunan PLTS di Kabupaten Kutai Kartanegara ini sangat strategis dengan akses utama langsung berhadapan ke jalan tol Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur.

Perlu juga diketahui bahwa Kecamatan Samboja merupakan calon Ibu Kota Negara, sebagaimana dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo. tuturnya Dr Sayid Fadhil .(Iqbal)

banner 300250

banner 300250

banner 300250

WhatsApp Image 2021-10-16 at 01.27.47(1)(1)(2)
WhatsApp Image 2021-10-16 at 01.27.47(2)(1)
IMG-20211013-WA0008
WhatsApp Image 2021-10-16 at 01.27.47(1)(1)(2) WhatsApp Image 2021-10-16 at 01.27.47(2)(1) IMG-20211013-WA0008


No Slide Found In Slider.

News Feed