Forpimcam Gayam juga Sosialisasikan Pencegahan Virus Corona di Desa Desa

banner 300250

Bojonegoro, harianmerdekapost.com  – Setelah rapat koordinasi di tingkat kabupaten dan Instruksi Bupati Nomor 2 Tahun 2020 tentang Kejadian Luar Biasa (KLB) Non Alam dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Virus Corona atau Covid-19 tertanggal 15 Maret 2020 lalu langsung ditindaklanjuti oleh instansi dibawahnya.

Seluruh Camat bersama jajaran Forum Pimpinan Kecamatan (Forpimcam) menindaklanjuti instruksi bupati tersebut dengan melakukan sosialisasi pencegahan virus corona atau Codiv-19 di wilayahnya, termasuk di Kecamatan Gayam. Selasa 17/03/2020.

Diwilayah tersebut sosialisasi dilaksanakan ke Desa -Desa dengan melibatkan Puskesmas Gayam. Ada 12 desa yang menjadi sasaran sosialisasi.

Yakni Gayam, Mojodelik, Bonorejo, Brawbowan, Beged, Ngraho, Sudu, Manukan, Ringintunggal, Begadon, Cengungklung, dan Katur.

“Sosialisasi kita laksanakan mulai kemarin, dan hari ini selesai,” ujar Camat Gayam, Agus Haryana Panca Putra,

Dalam sosialisasi ini Agus, panggilan akrabnya, mengimbau agar masyarakat perlu mengenali gejala-gejala klinis virus corona dan upaya pencegahannya, mewaspadai orang yang baru datang dari daerah KLB, serta mengurangi kontak langsung di tempat umum dan melaksanakan aktuvitas seperti biasanya.

“Masyarakat jangan panik dan resah. Karena virus ini bisa dicegah,” ucap Agus.

Cara mencegahnya adalah dengan menjaga kebugaran tubuh melaui gerakan masyarakat hidup Sehat (GERMAS), serta asupan makan dengan gizi yang seimbang serta istirahat cukup, jaga kebersihan lingkungan dan gunakan masker saat batuk.

“Mulai sekarang laksanakan pola hidup sehat, dan biasakan cuci tangan,” pesannya.

Agus juga mengimbau dengan diliburkannya pelajar tingkat SD, SMP dan SMA diharapkan bisa melaksanakan belajar di rumah sesuai tugas yang diberikan para guru dan tidak diperkenankan untuk melakukan perjalanan keluar kota.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Gayam, dr Mahmud menyampaikan detail tentang virus corona. Mulai dari cara nengenali, pencegahan, berinteraksi, dan lain- lainnya.

Dijelaskan, Virus Covid-19 atau Virus Corona merupakan penyakit infeksi pada saluran pernafasan yang bisa berakibat fatal. Virus ini ditandai dengan demam 38 derajat celsius, batuk, pilek, sakit tenggerokan, lemah lesu dan sesak nafas.

“Bagi masyarakat yang mengalami ciri-ciri seperti itu harap segera memeriksakan diri ke Puskesmas atau bidan terdekat,” pesannya. ( Jurnalis abq n team )