Field Trip TK Pertiwi Dharma Wanita Palengaan, ke Dinas Perikanan Pamekasan

Harianmerdekapost.com, Pamekasan, Jatim – TK Pertiwi Dharma Wanita Palengaan, kali ini lakukan giat Field Trip ke Balai Benih Ikan (BBI), Dinas Perikanan Kabupaten Pamekasan. Selasa, 30/01/2024.

Hal itu, merupakan kunjungan wisata yang dapat menunjang pengetahuan anak melalui pembelajaran diluar kelas agar mengenal cara beternak dan merawat ikan. Serta, mengenal manfaat makan ikan.

Tiga Rombongan mini bus anak didik TK Pertiwi didampingi oleh Camat Palengaan Bapak Muzanni, terdiri 51 anak didik, 4 guru. Sampai di BBI pada pukul 08:00 Wib, disambut hangat oleh Pegawai Dinas Perikanan Pamekasan.

Edukasi jenis dan manfaat ikan berlangsung di Aula. Setelah itu, Bapak Lutfhi dkk mengajak anak didik keliling kolam BBI dengan memberikan pakan pada ikan. Ada ikan lele, koi, emas, nila dan banyak lagi ikan lainnya.

Panas terik matahari rupanya, tidak mengurangi rasa penasaran dan terus menyusuri pinggiran kolam ikan. Tampak kegembiraan di wajah mereka setelah tahu ada banyak jenis ikan yang bisa dipelihara dan di konsumsi.

Dalam sambutannya, Sekretaris Perikanan Kabupaten Pamekasan, Achmad Sukrisno sangat mengapresiasi, Field Trip TK Pertiwi Dharma Wanita Palengaan, generasi bangsa sejak dini harus banyak tahu kekayaan alam yang dapat dimanfaatkan, diantaranya jenis ikan tawar maupun laut.

“Selamat datang TK Pertiwi Dharma Wanita Palengaan di BBI Dinas Perikanan. Ini merupakan suatu kehormatan bagi kami, untuk bisa memberikan edukasi penting tentang jenis dan manfaat makan ikan,” kata mantan Camat Palengaan itu.

Konsumsi ikan, lanjut Sukrisno, sangat baik bagi kesehatan dan dapat menunjang pada kecerdasan anak.

“Ayo biasakan makan ikan sejak dini, karena banyak sekali manfaatnya. Nanti, saat terakhir anak didik akan diberikan ikan untuk dipelihara. Ketika besar nanti, dapat di konsumsi,”

Selain itu, Camat Palengaan, Bapak Muzanni mengucapkan banyak terima kasih pada Instansi Dinas Perikanan Pamekasan, yang telah sudi menerima Field Trip TK Pertiwi Dharma Wanita Palengaan diwilayah kerjanya.

“Saya selaku Camat Palengaan mengucapkan terima kasih pada Dinas Perikanan Pamekasan. Ini dilakukan semata-mata ingin mengedukasi anak didik agar tahu jenis dan manfaat ikan,” kata Muzanni.

Terlebih, kata dia, dengan memberikan pakan pada ikan, melatih sejak dini supaya ada rasa “Ar-rifqu bilhayawan”, sayang pada makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.

“Mudah-mudahan dengan adanya Field Trip ini, anak didik tambah bahagia, dan suka makan ikan dan memelihara,” pungkasnya. (Moh Bahri/Safrai).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *