Duduk Diskusi Diacara ‘Dingklik Kreatif’ AKBP Dewa : Tanam Nilai – Nilai Pancasila Dalam Hati

banner 300250

banner 300250

Harianmerdekapost.com, Lumajang Jatim – Kapolres Lumajang AKBP Dewa Putu Eka D, S.I.K M.H menjadi salah satu pemateri di acara ‘Dingklik Kreatif’ di Dusun Pasinan Desa Karangbendo Kecamatan Tekung Lumajang, Sabtu (1/10/2022).

Acara yang bertepatan dengan Hari Kesaktian Pancasila itu, melibatkan Dinas Pariwisata Lumajang, tokoh pemuda, tokoh agama. Dihadiri jajaran Forkopimcam Tekung dan pemerintahan desa setempat.

Pengamalan nilai – nilai Pancasila, menjadi pokok bahasan. Diawal pembuka, AKBP Dewa menyampaikan dasar diadakannya kegiatan yakni diskusi mengenai wawasan kebangsaan.

Dijelaskan, Dingklik merupakan filosofi bahasa jawa yang memiliki makna kursi. Sementara Kreatif merupakan sumber kekuatan dari lahirnya inovasi. Sehingga Dingklik Kreatif menggambarkan sebuah pertemuan, duduk berdiskusi bersama, melibatkan pihak – pihak yang memiliki kemampuan berfikir, diharapkan akan lahir sebuah inovasi ke depannya.

“Kita diskusi dengan adik – adik, dengan masyarakat, diskusi kebangsaan tentang Pancasila. Bagaimana nilai – nilai Pancasila itu sendiri kupas agar dipahami. Kemudian bagaimana kita mengimplikasikan dalam kehidupan sehari – hari,” kata Kapolres Lumajang.

Dari serangkaian penyampaian, Kapolres menggali upaya, sedianya pemuda di Kabupaten Lumajang tetap menjaga nilai – nilai Pancasila. Kemudian menerapkan dalam kehidupan sehari – hari baik mulai dari pemikiran, perkataan dan perbuatan harus bersendikan Pancasila.

“Karena Pancasila sebagai pedoman hidup. Dengan mengamalkan nilai – nilai tentu akan bisa menghindari diri hal – hal negatif,” imbuh Kapolres.

Mulai dari anak – anak, dan kaum Pemuda, ditegaskan nantinya akan menjadi pewaris dan tulang punggung bangsa. “Mulai sekarang, mereka harus terus menjaga itu ( pengalaman nilai – nilai Pancasila -red ) agar NKRI tetap berdiri,” tukasnya.

Senada dengan Kapolres Lumajang, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lumajang, Yuli menyampaikan apresiasi akan terlaksananya acara tersebut. Menurutnya, merupakan gagasan baik dan diharapkan, akan bisa memberikan tambahan pemahaman.

“Dari sudut pandang pariwisata, tentu dalam pengembangan perlu keterlibatan dan gagasan berikut peranserta para pemuda. Pemuda yang sehat dan kreativitasnya tinggi,” ucap dia.

Diwaktu yang sama, Noval perwakilan dari GP Ansor setempat senada mengajak khalayak untuk mempertahankan tradisi, budaya dan pengamalan nilai Pancasila.

“Kita ini punya tradisi yang luar biasa, kita memiliki budaya yang tinggi, harus kita pertahankan. Harus kita benar – benar jaga, karena itu adalah benteng kita semua,” pungkasnya. (AN/red)

banner 300250