oleh

Dipenghujung Purna Tugasnya, Bupati Sumenep Resmikan Gedung Wisata Arsip.

Harianmerdekapost.com-Sumenep Madura Jatim–Dipenghujung masa purna tugasnya, Bupati Sumenep, Dr, KH, Abuya Busyro Karim M.Si, meresmikan gedung wisata arsip milik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sumenep, Selasa (16/02/2021).

Bupati Sumenep saat melakukan pininjauan gedung wisata arsip

Pemotongan untai bunga melati dan penanda tanganan prasasti oleh Bupati Sumenep menandai telah di resmikannya gedung arsip tersebut.

Dalam sambutannya Bupati Sumenep mengatakan bahwa keberadaan gudung arsip sangatlah penting untuk Kabupaten Sumenep.

Menurutnya, Akan putus suatu sejarah apabila kebaradaan arsip tidak bisa disimpan dengan baik dan benar.

“Penting sekali kita mempunyai gedung arsip, karena ini adalah wajah sumenep dari tahun ke tahun,” ujarnya.

Selain arsip dalam bentuk buku, lanjut Bupati dua priode ini, arsip dalam bentuk e-filing juga harus dimiliki oleh Dinas terkait, sehingga apa bila ada hal-hal yang bisa mengakibatkan arsip hilang masih bisa diketemukan di e-filing.

“Untuk kedepan arsip dalam bentuk e-filing juga harus dimiliki, agar ketika sewaktu-waktu ada musibah seperti kebakaran arsip-arsip itu masih bisa kita dapatkan lagi lewat e-filing itu,” tukasnya.

Sementara, Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Sumenep, Ahmad Masuni mengatakan, keberadaan arsip sangatlah penting karena arsip merupakan bukti rekaman kerja.

“Arsip merupan bukti remakan kerja yang harus kelola dengan baik dan tidak boleh ditelantarkan, apabila arsip di telantarkan akan dikenakan sangsi pidana,” ujarnya.

Menurutnya, sangsi pidana terhadap penelantaran arsip telah tertuang dalam undang-undang nomor 43 tahun 2009 tentang kearsipan.

“Mungkin undang-undang tentang kearsipan masih belum populer di beberapa OPD tapi itu akan populer apa bila ada kasus hukum, karena arsip merupakan tolak ukur pertama yang dicari oleh penyidik,” ujarnya.

Oleh sebab itu pihaknya berharap terhadap setiap OPD yang ada di Kabupaten Sumenep agar dapat mengelola arsip dengan baik dan benar. (Nri)

WhatsApp Image 2021-02-26 at 08.31.53
iklan 19-02-2021

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed