oleh

Dinas PUPR Kab OKI Segera Bangun Kontruksi Penahan Rumput Liar di Sungai Komering

Harianmerdekapost-comOKI, Ribuan ton rumput liar yang terbawa arus sungai Komering mengakibatkan ambruknya jembatan penghubung di Desa Serigeni Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) belum lama ini.

Menukas pernyataan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten OKI, Ir. HM. Hafis MM pada berita sebelumnya, bahwa saat ini pihaknya tengah melakukan perbaikan jembatan dimaksud melalui dana pemeliharaan. Sekaligus akan membangun kontruksi penahan eceng gondok dalam tahun anggaran 2021 ini.

Kembali pertanyakan terkait pernyataan Kadin PUPR kepada Kasi Sungai Bidang Perairan Dinas PUPR Kab OKI, Zulham Efendi ketika berjumpa di lokasi pembersihan eceng gondok Kelurahan Jua-Jua, Senin (5/4/21) kemarin.

“Ya, kita akan segera membangun tiang pancang yang rencananya dipasang di bantaran sungai komering tepatnya di ujung Kelurahan Jua-Jua dan ujung Kelurahan Kedaton guna menghalau datangnya eceng gondok kedepannya, “kata dia seraya meyakinkan bahwa kegiatan tersebut akan direalisasikan sekitar bulan Juli Tahun 2021ini.

Masih menurutnya, jika pagar penahan rumput air itu telah selesai, selanjutnya sistem pembersihan dilakukan dengan cara mengangkut pakai alat berat dan truck.

“Saperti sekarang ini kita melakukan pembersihan eceng gondok sepenjang bantaran sungai terlebih dahulu, kita lakukan mulai dari Kelurahan Jua-Jua hingga ke ujung Kurahan Sukadana, terlebih akan dilanjutkan di area pantau Adipura yakni lokasi jembatan Kota Kayuagung, “terangnya.

Menurut Zulham, kegiatan ini dianggarkan melalui anggaran pemeliharaan karena Dinas PUPR belum bisa menganggarkan kegiatan berat seperti normalisasi sungai.

pembersihan sungai komering dilakukan dengan secara berangsur dengan memakai satu unit ekskavator dan mobil truck untuk mengangkut sampah. Selain jadi tontonan warga, warga setempat juga sangat mengapresiasi tindaklanjut Dinas PUPR OKI.[RF,AR.]

iklan 11 april 2021
WhatsApp Image 2021-04-05 at 17.13.30 (1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed