oleh

Dinas Kesehatan Bojonegoro Pastikan 4 Orang Negatif Corona

banner 300250

banner 300250

Bojonegoro, harianmerdekapost.com – Dinas Kesehatan Bojonegoro memastikan empat orang negatif virus corona. Mereka sebelumnya dinyatakan suspect corono. pada sabtu 7/03/2020.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro, Fitri Munira Pitaloka, menjelaskan suspect corona adalah istilah medis yang menyatakan seorang pasien diduga mengidap virus corona, tapi belum dipastikan positif atau negatif.

..”Setelah dilakukan observasi, keempat pasien dinyatakan negatif dari virus corona,” ujarnya,

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bojonegoro, sejak awal adanya penyebaran Virus Corona (Covid-19) sudah melakukan antisipasi serta langkah kewaspadaan baik tenaga medis, penanganan penderita, maupun ruang isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sosodoro Djatikoesoemo.

Humas RSUD Dr Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro Dr Thomas Djaja mengungkapkan bahwa menyikapi peredaran virus Corona yang sudah masuk ke Indonesia, pihaknya telah menyiapkan beberapa hal untuk perawatan pasien terjangkit Virus Corona.

“Semua sudah kami siapkan, karena sudah ditunjuk menjadi rumah sakit rujukan pasien Corona,” ujarnya.

Salah satunya simulasi penanganan pasien suspect virus corona, Jumat (6/3/2020) kemarin. Simulasi ini sebagai salah satu persiapan jika sewaktu-waktu RSUD Bojonegoro menerima pasien virus corona.

Dengan begitu, petugas medis dapat menangani dengan tepat, dan cepat. Selain simulasi, RSUD Sosodoro Djatikoesoemo juga melakukan sosialisasi alur penanganan. Mulai rujukan dari pasien yang diterima, lalu dilakukan perawatan.

Kemudian jika pasien tersebut positif terjangkit virus corona akan dirujuk lagi ke rumah sakit yang ditunjuk untuk merawat pasien corona, yaitu Rumah Sakit Dr Sutomo Surabaya, sebagai tempat karantina.

“Di sini merupakan rumah sakit transit untuk penanganan awal pasien yang diduga terjangkit virus corona,” pungkas Thomas. ( jurnalis abq n team )

banner 300250