Demi Mengamankan Lingkungan Dari Segala Gangguan Kamtibmas, Linmas dan Warga Menggiatkan Ronda Malam

banner 300250

banner 300250

Surabaya, harianmerdekapost.com – Demi mengamankan lingkungan dari segala gangguan kamtibmas dikampung memang menjadi tugas anggota Pelindung Ma­syarakat (Linmas). Namun di Desa Bukid lll Banyu Urip tak hanya Linmas, warga juga terus berperan aktif menjaga kea­manan lingkungan dengan menggiat­kan ronda malam setiap 2 hari sekali.

Malam ini pos jaga ronda malam di RT 06 RW 05 Bukid lll Kel. Banyu Urip Kec. Sawahan Kota Surabaya, Minggu (7/3/2020) dihadiri oleh. Ketua RW 05 Bapak Handi Tri Prawono, Agus Harso ketua RT 05, Sugeng Herminanto, ketua RT 02, ketua RT 04 Subadi, Alex, dan 2 anggota linmas.

Koordinator Linmas Bukid lll mengatakan, untuk keamanan malam hari, pihaknya meng­gilir setiap kepala rumah tangga atau Kepala Keluarga (KK) untuk berpartisi­pasi ronda malam. “Sehingga, poskam­ling tak pernah sepi dari para warga yang berjaga malam. Warga yang ronda kami imbau untun anggota linmas keliling kampung,” ujar Sungeng Herminanto.

Masih Kata Sugeng, berkat ronda malam yang rutin dila­kukan, keamanan lingkungan tetap terkendali dan aman. Bukan hanya warga saja yang menggiatkan ronda malam atau patroli kampung.“Setiap malam anggota Linmas pun rutin patroli ke kampung – kampung warga dan titik rawan kejahatan. Hal ini dila­kukan agar terciptanya lingkungan yang aman dan kondusif,” tuturnya.

Sementara itu ketua RW 05 Handi Tri Prawono, mengatakan kepada anggota Linmas dan warga bahwa boleh mengganggap kampung kita itu aman, oleh sebab itu harus selalu menjaga ronda malam kesiapsiagaan dan tida boleh lengah situasi apapun.

“Adapun tujuan siskamling dan ronda malam adalah menjaga keamanan kampung, menjaga warga yang sedang istirahat. Juga menjaga rekan – rekan anggota Linmas serta menjaga peralatan termasuk alat HT yang digunakan dalam kegiatan patroli ke kampung warga,” ungkapnya.

Dalam giat jaga pos ronda malam berjalan dengan keadaan aman, lancar dan terkendali kondusif. (Bairi)