Danramil 0821/03 Senduro : Curah Hujan Tinggi, Hati-hati dan Waspada Saat Melintasi Daerah Rawan Bencana

Harianmerdekapost.com, Lumajang, Jatim – Danramil 0821/03 Senduro Kapten Arm Ony Ariyanto, S.H. menyampaikan, bahwa saat melewati daerah rawan bencana, masyarakat diminta untuk selalu berhati-hati dan waspada terhadap kemungkinan terjadinya bencana, khususnya saat hujan turun dengan intensitas tinggi.

“Intensitas hujan tinggi yang terjadi saat ini memungkinkan dapat terjadi bencana, seperti tanah longsor dan pohon tumbang, untuk itu masyarakat diharapkan lebih berhati-hati dan waspada, terutama saat melintasi daerah rawan bencana,” ujarnya saat bersama anggotanya membantu evakuasi pohon tumbang, yang berada di kawasan hutan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Desa Ranupane Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (2/1/2023).

Ony juga menyampaikan, bahwa pihaknya sebagai bagian dari aparatur wilayah, pihaknya berkewajiban untuk membantu masyarakat dan bersinergi dengan jajaran aparatur dan dinas terkait dalam menanggulangi bencana yang terjadi di wilayah.

“Kita juga bagian dari aparatur kewilayahan, untuk itu sudah menjadi tugas dan kewajiban kita untuk membantu dan bersinergi dengan jajaran aparatur dan dinas terkait, khususnya dalam penanganan bencana yang terjadi, agar dapat berhasil dengan maksimal,” ujar dia.

Selain itu Ony menjelaskan, bahwa bencana tersebut terjadi sebagai akibat dari turunnya hujan dengan intensitas tinggi di kawasan hutan TNBTS yang disertai angin kencang, sehingga menyebabkan pohon jenis Dangklu dengan diameter 300 sentimeter dan tinggi 17 meter tumbang.

Lanjut dia, tumbangnya pohon tersebut menutup akses jalan, sehingga menyebabkan arus lalu lintas jalan penghubung Lumajang – Malang yang melaluli kawawan hutan TNBTS wilayah Ranupane terputus.

“Intensitas hujan tinggi disertai angin kencang di wilayah hutan TNBTS sejak Minggu kemarin, menyebabkan pohon jenis Dangklu tumbang dan menyebabkan putusnya jalan penghubung Lumajang-Malang via Ranupane,” jelasnya. (fjr)