Dandim Lumajang Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Semeru Tahun 2024

Harianmerdekapost.com Lumajang, Jatim – Dandim 0821/Lumajang bersama Kapolres dan Penjabat (PJ) Bupati Lumajang memimpin pelaksanaan apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Semeru Tahun 2024 dan pencanangan aksi keselamatan jalan dalam rangka menciptakan kondisi keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) yang diselenggarakan di Polres Lumajang, Jalan Alun-alun Utara, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, pada Sabtu (2/3/2024).

Dalam amanatnya, PJ. Bupati Lumajang, Indah Wahyuni, saat membacakan amanat Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Drs. Imam Sugianto, M.Si., menyatakan bahwa salah satu fokus utama dalam berkendara adalah keselamatan bagi pengguna jalan.

Selanjutnya, disampaikan bahwa keselamatan lalu lintas di Jawa Timur masih belum memenuhi ekspektasi yang diharapkan, dengan tingkat kecelakaan yang masih tinggi. Oleh karena itu, diperlukan sosialisasi, edukasi, dan keterlibatan aktif masyarakat dalam upaya mencapai keselamatan lalu lintas.

”Keselamatan merupakan hal yang utama dalam berlalu lintas. Dalam konteks ini, lalu lintas dapat dipahami sebagai urat nadi kehidupan, cermin budaya bangsa, dan cermin tingkat modernitas,” ujarnya.

Sementara itu, Dandim 0821/Lumajang, Letkol Czi Gunawan Indra Y. T., S.T., M.M., menyatakan kepada Tim Pendim bahwa pihaknya akan terus bersinergi dengan kepolisian dalam memperkuat Operasi Keselamatan Semeru tahun 2024.

Menurutnya, kegiatan tersebut juga merupakan bagian dari upaya menciptakan kondisi Kamseltibcarlantas menjelang bulan suci Ramadan 1445 Hijriah. Sehingga, diharapkan masyarakat dapat lebih siap dan disiplin dalam berlalu lintas, serta angka kecelakaan pada bulan Ramadan dapat berkurang.

“Untuk itu, saya berharap kepada masyarakat agar lebih siap dan disiplin dalam berkendara, mematuhi semua aturan lalu lintas, termasuk batas kecepatan dan tanda-tanda lalu lintas. Semoga angka kecelakaan pada bulan Ramadan tahun ini dapat berkurang, bahkan di wilayah Kabupaten Lumajang bisa mencapai Zero Accident atau nihil kecelakaan,” pungkasnya. (fjr)