Dandim 0821/Lumajang dan Pihak Terkait Gelar Evaluasi Percepatan Penanganan Darurat Bencana Hidrometeorologi

Harianmerdekapost.com, Lumajang, Jatim – Dalam rangka meningkatkan efektivitas penanganan darurat bencana hidrometeorologi, Komandan Kodim 0821/Lumajang Letkol Czi Gunawan Indra Y, S.T., M.M., bersama Kapolres Lumajang dan Kepala BPBD Lumajang, menggelar evaluasi percepatan penanganan darurat. Kegiatan evaluasi ini dilangsungkan di Aula Tengah Lantai II BPBD Kabupaten Lumajang pada Senin (22/4/2024).

Dalam pertemuan yang berlangsung secara intensif, Dandim 0821/Lumajang, Letkol Czi Gunawan Indra, menyampaikan pentingnya kerjasama antara pihak militer, kepolisian, dan BPBD dalam menangani bencana hidrometeorologi yang melanda wilayah Lumajang.

“Kami sadar betul bahwa penanganan bencana memerlukan sinergi yang kuat antarinstansi. Oleh karena itu, kami terus berupaya untuk memperkuat koordinasi dan kolaborasi guna meminimalisir dampak buruk yang ditimbulkan oleh bencana,” ungkap Dandim.

Selain itu, Dandim juga mengajak masyarakat yang berada di wilayah terdampak yang belum melaporkan kondisinya untuk segera menghubungi Posko di BPBD.

“Kami ingin memastikan bahwa tidak ada satu pun warga yang terlantar dan tidak mendapatkan bantuan dalam situasi darurat seperti ini. Jadi, bagi yang belum melaporkan kondisinya, segera hubungi posko BPBD agar kami dapat segera memberikan bantuan yang diperlukan,” tegas Dandim.

Di lain sisi, Kapolres Lumajang dan Kepala BPBD Lumajang juga menekankan pentingnya kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana hidrometeorologi.

“Kami mengimbau seluruh masyarakat untuk selalu memperhatikan informasi dari pihak berwenang terkait perkembangan cuaca dan kondisi bencana. Persiapan dan tindakan preventif merupakan kunci dalam mengurangi risiko dan kerugian akibat bencana,” kata Kapolres Lumajang. (fjr).