oleh

Bupati Sumenep Lantik Kades PAW Desa Pancor

Harianmerdekapost.comSumenep Madura Jatim-Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, SH, MH lantik Kepala Desa Terpilih Hasil Pemilihan Kepala Desa Pengganti Antar Waktu (PAW) Desa Pancor Kecamatan Gayam, Kamis (08/04/2021), bertempat di Aula Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep.

Dalam pelantikan itu Bupati Sumenep juga menyematkan tanda jabatan dan surat petikan Surat Keputusan (SK) Bupati kepada Kepala Desa terpilih PAW Desa Pancor Kecamatan Gayam Hainur Rahman.

Dalam sambutanya Bupati Sumenep mengatakan, Kepala Desa merupakan ujung tombak dalam memperkuat dan mendorong ekonomi masyarakat yang menurun dikarnakan wabah COVID-19.

Menurutnya, hal yang harus dilakukan oleh para kepala desa dalam mendorong ekonomi masyarakat iyalah dengan membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Kepala desa jangan menyurutkan komitmen meningkatkan perokonomian masyarakat di tengah wabah COVID-19, tetapi harus tetap berupaya memperkuat dan mendorongnya melalui BUMDes untuk mengembangkan potensi desa,” kata

Dikatakan oleh Bupati, saat ini BUMDes yang terbentuk di Kabupatan Sumenep berjumlah 276 BUMDes dari 330 desa, dengan klasifikasi tahun 2019 menjadi 174 BUMDes dasar, 97 BUMDes tumbuh dan 4 BUMDes berkembang serta 1 BUMDes maju.

Kendati demikian, Bupati berharap keberadaan BUMDes harus terus ditingkatkan, mengingat pertumbuhan dan pemerataan ekonomi masyarakat desa bisa dialakukan melalui keberadaan BumDes yang maju.

“Sesuai amanat Undang-undang Kepala Desa bisa menggunakan Dana Desa (DD) untuk membentuk BUMDes, dengan kebijakan itu saya berharap kepada seluruh kepala desa agar semakin giat lagi dalam memberdayakan BumDes,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep, Moh. Ramli mengungkapkan, kepala desa terpilih PAW Desa Pancor Kecamatan Gayam masa jabatannya terhitung mulai sejak dilantik dan berakhir hingga 30 Desember 2025.

“Kepala Desa Pancor Kecamatan Gayam dilakukan PAW, karena kepala desa sebelumnya meninggal dunia,” pungkasnya. (Nri,Sik)

WhatsApp Image 2021-04-14 at 21.24.10
iklan 11 april 2021
WhatsApp Image 2021-04-05 at 17.13.30 (1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed