oleh

Bangun Zona Integritas Menuju WBK, Polres Lumajang Gelar Pelatihan Etika Komunikasi Pelayanan Publik

Harianmerdekapost.com Jatim, Lumajang – Polres Lumajang gelar pelatihan etika komunikasi pelayanan publik dalam rangka membangun zona Integritas.

Pelatihan ini dilakukan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan dalam menuju zona Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan menuju Wilayah Bebas Birokrasi dan Melayani (WBBM) Tahun 2021.

Kegiatan tersebut digelar Gedung Sarpas Polres Lumajang, Kamis (3/6/2021).

Saat pelatihan berlangsung dihadiri Kasat Lantas AKP Bayu Halim Nugroho, Kanit Regident Satlantas Polres Lumajang, Kanit Dikyasa Satlantas Polres Lumajang dan ikuti anggota Satlantas, SPKT, Satintel, Satreskrim, Satresnarkoba, sattahti, dan Propam.

Adapun sebagai pemateri pelatihan etika komunikasi pelayanan publik yakni Ass. Manager Operasional Bank BRI Cabang Lumajang Herni Herawati.

Kasat Lantas Polres Lumajang AKP Bayu Halim Nugroho mengatakan, tujuan digelarnya pelatihan ini untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di Polres Lumajang.

Foto : Kasat Lantas Polres Lumajang AKP Bayu Halim Nugroho

 

“Kami menggandeng Bank BRI untuk memberikan materi pelatihan kepada personel bagian pelayanan demi mendukung pembangunan zona integritas,” kata dia.

Bayu menyampaikan, Akselerasi program prioritas, sinergitas yang menjadi program polres Lumajang dalam rangka mencapai Integritas.

“Kami sudah berupaya terkait dengan integritas ini banyak hal yang perlu di persiapkan mulai dari pembangunan sarana dan prasarana dan pelatihan, dan beberpa waktu lalu kami juga melakukan studi banding, tetapi hal itu saja tidak cukup terhadap pelatihan sifat berkesinambungan, dan berkelanjutan,” tuturnya.

Menurut Bayu Halim, artinya pembangunan zona integritas ini tidak hanya membangun terkait sarana dan prasarana saja, tetapi juga membangun kultur budaya.

“Kalau dibilang budaya organisasi itu dulu, kalau sekarang berbeda. Kalau dulu kesannya lebih peran, kemudian penyampaian juga pokok-pokok sekarang tidak bisa ada pergeseran nilai, pergeseran nilai dalam bentuk hal-hal positif mulai dari sikap perilaku, intinya adalah yang didepankan pelayanan masyarakat walaupun disisi lain harus ada penegakan hukum.

Lanjut dia membentuk pelayanan pada masyarakat harus menampilkan 3 S yakni sapa, senyum, dan salam. Disisi lain penegakan hukum harus berjalan dalam bentuk tegas, sigap, sekatan tetapi bisa dipertanggung jawabkan.

“Pelatihan tersebut dibuka mengenai bagaimana cara berkomunikasi dengan customer atau masyarakat yang tujuannya guna meningkatkan kepuasan masyarakat di bidang pelayanan publik.” beber Kasat Lantas.

Sementara itu, Ass. Manager Operasional Bank BRI Cabang Lumajang Herni Herawati, menyampaikan salut kepada Satlantas Polres Lumajang yang ingin meningkatkan layanan kepada masyarakat dengn memberikan pembekalan kepada petugas khususnya Front Office.

“Saya berharap masyarakat bisa merasa nyaman dengan layanan di Polres dengan adanya peningkatan skill para petugasnya dan masyarakat tidak lagi enggan terhadap polisi dan jajarannya,” ucapnya.

(fjr/red)

IMG-20210616-WA0011 (1)

News Feed