BADAN KESATUAN BANGSA DAN POLITIK ( BAKESBANGPOL) LAMONGAN GELAR SOSIALISASI WAWASAN KEBANGSAAN DI DESA TUNGGUNJAGIR, KECAMATAN MANTUP, KABUPATEN LAMONGAN.

banner 300250

Harianmerdekapost.com Lamongan Jawa Timur -Badan Kesatuan Bangsa dan Politik ( BAKESBANGPOL) Kabupaten Lamongan mengelar sosialisasi Wawasan Kebangsaan di Balai Desa Tunggunjagir, Sabtu, (06/08/2022). Acara dihadiri Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, SUDARMADI, SH. M.M, Kepala Bidang Ediologi, Wasbang,Ketahanan Ekonomi, Sosbud dan Agama, ERLINA MARHAENI, S.E, M.M. Kepala Bidang Poldagri dan Ormas, Moh.Suhadi Cahyo Utomo, ST. M.M. Jajaran TNI, Kepa Desa Tunggunjagir, Aries KUSMARYONO, Sekretaris Desa, Moch. Syaf i,i, Ketua BPD, LPM, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Karang Taruna, RT /RW, Kepala Dusun sewilayah Desa Tunggunjagir, Perangkat Desa serta peserta KKN dari INSUD.

Kepala Desa Tunggunjagir, ARIES KUSMARYONO dalam sambutannya, mengucapkan ; “Terima kasih kepada Tim Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (BAKESBANGPOL) Kabupaten Lamongan yang sudah hadir dalam rangka SOSIALISASI WAWASAN KEBANGSAAN. Suatu kehormatan atas kedatangannya semoga dengan materi ” WAWASAN KEBANGSAAN ” yang diberikan malam hari ini bermanfaat. Acara ini merupakan rangkaian dari kegiatan TMMD, dan malam hari ini dari BAKESBANGPOL merupakan acara yang ke tiga, ” jelasnya.
“Mulai pra sampai pembukaan seluruh masyarakat Tunggunjagir terlibat, ini menunjukkan dan memiliki rasa kegotong – royongan, kemanunggalan dengan TNI.
Alhamdulillah, tiap hari masyarakat bersinergi dengan TNI, gotong-royong, kerja bakti bareng, makan bareng.Yang terakhir, Atas nama Pemerintah Desa Tunggunjagir, sekali lagi terima kasih dan mohon maaf barangkali ada yang kurang berkenan, ” tambahnya.

Kepala Bidang Ediologi, Wasbang dan Ketahanan Ekonomi, Sosbud dan Agama, ERLINA MARHAENI, S.E. M.M , menyampaikan secara singkat. Acara malam hari ini adalah mengisi kegiatan TMMD, yang materinya “WAWASAN KEBANGSAAN”.Wawasan kebangsaan mempunyai tugas diantaranya ;
– Bidang WASNAS ( Kewaspadaan Nasional).
– Bidang POLDAGRI + ORMAS.
– Bidang Ediologi, Wasbang,Ketahanan Ekonomi, Sosbud dan Agama, ” terangnya.

Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik ( Kesbangpol ), SUDARMADI. SH. M.M, menjelaskan ; ” Bangsa Indonesia merdeka melalui proses yang sangat panjang. Sesuai dengan materi malam hari ini Wawasan Kebangsaan, ” Bangunlah Jiwanya, Bangunlah Badannya untuk Indonesia Raya”. Wawasan Kebangsaan dimaknai sebagai cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya, menguatkan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah yang dilandasi Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI guna mewujudkan cita-cita dan tujuan berbangsa dan bernegara. Pancasila adalah gagasan dasar tentang manusia dan kehidupannya dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Pancasila dalam sila ke tiga merupakan ” Jangkar” kepada sila ke 1,2,4 dan 5.
Yang paling terpenting ” BANGUNAN ARSITEKTURAL”
– Pancasila sebagai dasar Negara EDIOLOGI dan FALSAFAH BANGSA, (pondasi bangunan rumah).
– BHINNEKA TUNGGAL IKA ( masyarakat penghuni rumah yang berbeda suku , agama dan budaya).
– NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA ( NKRI ) rumah Bangsa Indonesia.
– UUD 1945 ( mengatur fungsinya)”, jelasnya.

Sebelum acara ditutup, Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, SUDARMADI, SH. M.M beserta Kepala Bidang Ediologi, ERLINA MARHAENI, S. E. M.M menyerahkan Bendera Merah Putih kepada Kepala Desa Tunggunjagir , ARIES KUSMARYONO sebanyak 25 biji untuk dibagikan pada masyarakat. Acara berjalan lancar, aman, kondusif dan ditutup dengan doa. ( Rupi.i /// M,s )

banner 300250