Antisipasi Penyebaran Virus Covid-19, Pemerintah Desa Jrebeng Lakukan Penyemprotan Disinfektan Dan Buat Pos Jaga.

banner 300250

banner 300250

Gresik, harianmerdekapost.com,-Penyebaran Virus Covid-19 (Corona) sudah menjadi perhatian Internasional, bahkan terkait wabah yang mematikan ini, Pemerintah Indonesia mulai dari Pusat sampai ke Daerah dan Desa gencar melakukan penyemprotan disinfektan ke fasilitas umum, guna memutus mata rantai virus Covid-19.

Berdasarkan pantauan media Harian Merdeka Post di lapangan, terlihat salah satu warga Desa Jrebeng, kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik Melakukan penyemprotan Disinfektan ke tempat-tempat umum dengan kendaraan sendiri dan biaya pribadi.

Aksi sosial salah satu warga tersebut tentunya menarik simpati beberapa kalangan, bahkan Kepala Desa Jrebeng, Sujai SH MH juga turut menyaksikan langsung pelaksanaan penyemprotan tersebut yang dilakukan dari pasar, musholla dan fasilitas umum lainnya.

Menyingkapi hal itu, tak butuh lama, Kepala Desa Jrebeng langsung gerak cepat mengadakan musyawarah di Balai Desa terkait hal penanganan covid 19 diwilayahnya serta pembentukan tim relawan memutus mata rantai Covid-19 khususnya di Desa Jrebeng.

Pembentukan tim antisipasi Covid-19 melibatkan, Seluruh Perangkat Desa mulai dari Kades, Kepala Dusun, RT, Karang Taruna, ibu-ibu PKK, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Linmas, petugas Kesehatan, Babinsa, serta Babinkantibmas.

Dalam sambutannya Sujai mengatakan, berkaitan dengan antisipasi Penyebaran Covid-19 yang cukup mematikan dan untuk memutus rantai covid-19, maka perlu bersama sama berupaya melakukan beberapa antisipasi dan pencegahan.

“Ya karena virus ini tidak bisa kita lihat dengan mata hanya, dan mengikuti himbauan Pemerintah Pusat jadi melalui pencegahanlah yang dapat kita lakukan, karena penyebaran covid-19 dapat melalui percakapan jarak pendek dan sentuhan tangan. Terlebih lagi kita harus mengantisipasi kepada orang yang belum kita kenal, baik itu warga datang dari luar daerah maupun warga asing yang masuk ke wilayah Desa Jrebeng ini,” demikian kata Kades, Senin (30/3/2020).

Ditambahkannya lagi menurut Kades, untuk mengantisipasi hal tersebut, diminta kepada Kepala dusun dan RT agar menghimbau kepada warganya serta mengoptimalkan agar warga tidak bepergian keluar daerah dulu , dan selalu memperhatikan setiap tamu yang datang di lingkungannya.

“Untuk memutus mata rantai virus covid 19 ini, bukan hanya melakukan penyemprotan tetapi kita selaku warga harus tanggap apabila ada orang masuk kelingkungan kita, jika ada orang yang tidak dikenal perlu dilapor ke RT atau Kepala dusun terlebih dahulu, supaya penyebaran virus covid 19 dapat kita antisipasi,” tambahnya.

Tahap penyemprotan di Desa Jrebeng sudah dilaksanakan secara bertahap 1 Minggu 2 kali, dengan sasaran penyemprotan yang diutamakan adalah tempat-tempat umum seperti Pasar, Lingkungan Kantor Desa, Masjid, Mushola.

Langkah selanjutnya Pemerintah Desa Jrebeng bersama warga akan melakukan penutupan jalan. Jadi jalan-jalan ke kampung untuk sementara di buat 1 pintu untuk keluar masuk orang, dan disitu akan dibuatkan pos jaga untuk mengecek warga atau orang dari luar yang mau lewat pintu jalan desa.

” Demi kebaikan bersama kami buat pos jaga disini untuk mengecek warga atau orang asing yang lewat, sedangkan untuk pasar para pedagang yang dari luar desa diminta untuk sementara waktu untuk menutup lapaknya,” ucapnya.

Sekedar diketaui sampai saat ini warga Desa Jrebeng masih Nihil tidak ada yang terjangkit Virus Corona. Untuk itu Kades Sujai berharap, semoga wabah virus Corona ini bisa cepat selesai.

“Semoga kita semua terhindar dari Virus Corona dan selalu dalam perlindungan Alloh Tuhan Yang Maha Esa, Amin Ya Robbalalamin,” harap dan Doanya. (Dan/day).

banner 300250