oleh

Antisipasi Banjir Saat Turun Hujan, TNI Pemdes Dan Masyarakat Bangun Tanggul Irigasi

Harianmerdekapost.com Jatim, Lumajang – Sebagai upaya mengantisipasi terjadinya luapan air saat musim hujan, Pemerintah Desa bersama Babinsa dan masyarakat Desa Kunir Lor melakukan kegiatan kerja bakti secara gotong royong melaksanakan pembuatan penguatan tanggul irigasi biar tidak jebol, yang berada di Dusun Sentul Desa Kunir Lor Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu (6/6/2021).

Babinsa Kunir Lor Koramil 0821/13 Kunir, Serda Harianto Dwi Cahyono saat kegiatan tersebut mengatakan, bahwa karya bakti yang dilakukan bersama masyarakat, dalam rangka membantu para petani yang ada di wilayah, karena saluran irigasi yang selama dipakai takutnya jebol akibat tingginya curah hujan yang melanda wilayah Kecamatan Kunir.

Harianto juga menyampaikan, di samping melaksanakan pembinaan wilayah, babinsa sebagai mitra kerja kepala desa juga berkewajiban untuk mendukung dan membantu, mensukseskan pogram pembangunan yang telah direncanakan oleh pemerintah desa.

Dengan adanya saluran sungai yang berfungsi dengan baik di lingkungan, dapat menunjang terwujudnya kebersihan lingkungan dan kesehatan masyarakat, serta dapat mengairi persawahan warga dengan maksimal.

“Masyarakat diharap dapat menjaga dan merawat sungai yang ada, dengan selalu menjaga kebersihan dan kelancarannya, sehingga kebersihan serta kesehatan lingkungan dapat terwujud,” harap dia.

Sementara itu, Kepala Desa Kunir Lor Yudi Purnomo menyampaikan terima kasih atas kepedulian dari jajaran TNI khususnya Koramil 0821/13 Kunir dalam membantu kesulitan warga yang ada di wilayah Kunir.

“Dengan terlaksananya kegiatan ini, kita akan mengajukan usul pembuatan tanggul baru kepada Pemda, agar pertanian tidak terancam banjir bila musim hujan tiba, sehingga hasil panen yang di peroleh para petani dapat maksimal,” pungkasnya.

(fjr/red)

IMG-20210616-WA0011 (1)

News Feed