oleh

Amankan Paskah, Polres Lumajang Libatkan Anjing Pelacak Strerilisasi Gereja di Lumajang

Harianmerdekapost.com Jatim, Lumajang – Polres Lumajang menerjunkan Anjing Pelacak K-9 untuk sterilisasi Gereja di Kabupaten Lumajang, Jumat (2/4/2021).

Hal tersebut mengantisipasi ancaman teror setelah aksi bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar pada hari Minggu 28 Maret 2021.

Anjing pelacak K-9 menyisir setiap sudut dari dalam maupun luar gedung gereja.

Selain itu petugas kepolisian juga melakukan sterilisasi gereja dengan menggunakan alat metal detector.

Para jemaat sebelum masuk ke Gereja dicek dengan menggunakan metal detector termasuk barang bawannya oleh petugas Polres Lumajang.

Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti Hananto Seno melalui Paur Subbag Humas Polres Lumajang Ipda Andrias Shinta, mengatakan, anjing pelacak K-9 yang dikerahkan untuk melakukan pengamanan di 4 gereja di kota Lumajang antara lain Gereja Tabernakel Jalan Kapten Suwandak, Gereja Utusan Pantekosta Di Indonesia (GUPDI) Jalan Agus Salim, Gereja Kristus Tuhan Jalan Wahid Hasyim, Gereja Katolik Maria Ratu Damai jalan Yos Sudarso, Gereja Bethel Indonesia Rock Ministry JLT dan Gereja Pantekosta Indonesia Barat (GPIB) Jalan Panjaitan.

“Polisi melaksanakan sterilisasi dengan menggunakan alat metal detektor dan satwa anjing pelacak dengan menyasar di dalam gedung gereja mulai dari bangku jemaat hingga mimbar dan juga disekitar gereja” tuturnya.

Sementara untuk strealisasi gereja di luar Kabupaten Lumajang, kata shinta, dilakukan oleh masing-masing jajaran Polsek setempat dan dibantu Polres Lumajang, serta Satgas keamana Desa (SKD).

“29 gereja di Lumajang yang mendapat pengawasan atau penjagaan. 4 diantaranya berada di kawasan kota, dan sisanya di pinggiran kota dilakukan polsek jajaran ini berkolaborasi dengan Satgas Keamanan Desa ( SKD )

Selama pengecekan di sejumlah gereja, lanjut shinta, tidak ada barang yang mencurigakan ditemukan, sehingga diharapkan umat Kristiani dapat menjalankan ibadah dengan tenang.

“Kita juga berharap situasi aman sampai pelaksanaan peringatan Isa Al Masih selesai,” tandasnya.

Menurut Perwira polisi berpangkat balok kuning satu, sterilisasi dilakukan untuk memberikan jaminan keamanan kepada para umat Nasrani yang akan melaksanakan serangkaian kegiatan perayaan Paskah 2021.

“Khusus untuk K-9 yang menyertakan anjing pelacak melibatkan Bripka Fajar Nur Ilhamsyah sebagai personel yang membawa anjing Belgian Malinois,” pungkas Ipda Andrias Shinta. (fjr)

WhatsApp Image 2021-04-14 at 21.24.10
iklan 11 april 2021
WhatsApp Image 2021-04-05 at 17.13.30 (1)

News Feed