Jaga Keamanan Warga, Ketua RW 05 Bersama Linmas dan Warga Ikut Jaga Ronda Malam

banner 300250

Surabaya, harianmerdekapoat.com – Kegiatan Ronda malam bersama linmas dan warga. Dalam rangka bangun kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap lingkunagan warga.

Pada hari Sabtu tanggal 29 Pebruari 2020 pukul 23. 00 Wib s/d 04. 00  Wib. Ketua RW Handi Tri Prawono, Kelurahan Banyu Urip Kecamatan Sawahan Kota Surabaya, telah melaksanakan kegiatan sambang dan pembinaan kepada: warganya yang sedang jaga ronda malam di RT 03 / RW 05 Kelurahan Banyu Urip Surabaya:

Masing – Masing jaga ronda malam ini, di Poskamling yang ada di ketua RT 03 Bapak Yoyok, Banyu Urip Surabaya dihadiri oleh : Ketua RW 05 dan masing – masing RT 01 sampai RT 07 beserta anggota linmas dan warga yang sedang melaksanakan ronda malam.

Adapun ketua RW 05 Kelurahan Banyu Urip Surabaya, menyampaikan pesan pesan untuk anggota linmas dan warga yaitu :

  1. Mengajak partisipasi semua linmas dan warga masyarakat dalam harkamtibmas.
  2. Pentingnya jaga pos ronda malam secara swakarsa mencegah dan deteksi dini potensi gangguan kamtibmas.
  3. Di himbau kepada warga yang melaksanakan jaga ronda malam hindari dan tidak melakukan judi ataupun miras.
  4. Tingkatan kewaspadaan di lingkungan warga lakukan perondaan keliling kampung pada jam dan tempat rawan.
  5. Sampaikan segera kepada Tim regu jaga ronda malam atau Bhabinkamtibmas apabila membutuhkan kehadiran petugas kepolisian. Selama giat berjalan aman lancar dan kondusif.
  6. Warga agar tidak mudah terprovokasi dengan isu apapun dan tidak main hakim sendiri, apabila sekiranya ada menemukan sesorang yang di curigai dan belum pasti pelaku tindak kriminal, segera amankan dan laporkan kepada yang berwajib.

Ronda malam adalah salah satu kegiatan sosial yang sangat bagus dalam kegiatan anggota linmas dan warga kampung. Ting. Ting..Ting..Ting….pukulan yang begitu nyaring terdengar  bunyi Tiang Listrik dipukul berkali – kali, jam menunjukan jam 11 malam, inilah kegiatan rutin dimulainya jaga ronda malam di tempat tinggal saya sekarang ini.

Berdasarkan hasil keputusan rapat RW / RT dilingkungan kami. “Warga semua sepakat untuk mengadakan ronda  malam yang sudah lama berhenti ujar warga.

Namun dari kegiatan ronda malam ini ternyata banyak manfaatnya juga, selain mengamankan lingkungan juga timbul rasa kebersamaan antar warga. Selain itu ternyata dari hasil meronda ini. Karena hampir disetiap ronda selalu menyediakan Kopi hangat sehingga rasa ngantuk hilang, tapi ternyata inilah manfaat lain dari meronda yang menjadi favorit.

Dengan adanya jaga ronda malam, maling  jadi pusing 7 keliling, yang ronda malam merdeka.

Reporter: Bairi
Editor: Sabairi

banner 300250