oleh

Jalan Gempol By Pass Rawan Kecelakaan

banner 300250

Harianmerdekapost.com, Pasuruan, Jatim,- Berdasarkan SK menteri PUPR nomor/ 430 / KPTS/ M / 2022 tertanggal 28 april 2022, Ruas jalan ex Tol Gempol tahun ini berubah statusnya menjadi ruas jalan baru JLN Gempol by pass dan akan dilakukan penanganan jalan.

Dengan adanya perubahan status tersebut maka jalan tol yang awalnya termasuk jalan Nasional yang menjadi tanggung jawab kementerian PUPR berubah menjadi tanggung jawab dinas PU Bina Marga provinsi.

Dan pada hari jum at tanggal 1 Juli 2022 ada giat aksi damai terkait jalan provinsi Gempol by pass yang sudah masuk katagori meresahkan masyarakat luas pengguna jalan tersebut disamping dalam kondisi rusak parah ya bergelombang ya banyak titik berlubang dan sering terjadi kecelakaan dan atau lebih pantas disebut jalan desa bukan jalan provinsi.

Giat aksi damai tersebut dimulai jam 09.00wib dan berakhir jam 10.50 wib dengan agenda memilok sepanjang jalan provinsi Gempol by pass yang bergelombang dan berlubang.
Dalam giat aksi damai di ikuti
1. PAC Pemuda Anshor kecamatan Gempol
2. DPD Barisan Nasional Pemuda Madura kabupaten Pasuruan.
3. LSM GMBI kecamatan Gempol.
4. Pemuda Pancasila kecamatan Gempol.
5. Perwakilan Karang Taruna kecamatan Gempol.
6. Perwakilan komunitas ISG.
7. Media harian Pojok kiri
8. Media harian Radar Bromo.
9. Media harian Surabaya pagi.
10. Media harian Radar Bangsa.
11. Media harian merdeka post.
12. Ketua Tim investigasi pusat harian merdeka post provinsi Jawa Timur.

Ketika aksi damai usai tim media harian merdeka post menemui ketua PAC Pemuda Anshor kecamatan Gempol Syech Maulana Subchan Al Habsyi SPd untuk meminta komentar, menjelaskan
Pertama Kami bersama semua rekan yang tergabung dalam forum peduli bumi Gempol
1. Menuntut kepada PU Bina Marga provinsi Jawa Timur untuk secepatnya merespon positip dan segera melakukan perbaikan jalan Gempol by pass dengan cara peninggian jalan (pengaspalan jalan ) bukan tambal sulam.
Bukti : Pihak PU Bina Marga provinsi Jawa Timur dipersilahkan datang ke lapangan langsung supaya dapat menilai hasil pekerjaan tim yang menangani lubang jalan dari PPK 3.5 pada ruas jalan ex tol STA 1 + 500 dan STA 1+ 517 pada tanggal 20 juni 2022 menurut data awak media lubangnya tertutup tapi kondisi jalan semakin bergelombang.
2. Lampu penerangan jalan pada ruas ex tol Gempol agar secepatnya diperbaiki supaya tidak gelap seperti kuburan pada malam hari.
3. Jembatan layang yang ada didusun Tawang sari desa kejapanan kecamatan Gempol kabupaten Pasuruan sebaiknya dibongkar saja dengan pertimbangan sudah beberapa tahun tidak didayagunakan ,keropos dan aus dikuatirkan ambruk yang dapat membahayakan para pengguna jalan.

Yang kedua lanjutnya kami semua yang melakukan aksi damai ini berharap mendapat respon positip dan tindak lanjut secepatnya dari para instansi terkait kalau tidak,kami akan turun ke jalan lagi dengan jumlah massa yang lebih besar ,Tuturnya!!!!! ( Budhi H/Eeng Investigation).